Analisis Penggunaan Bahan Ajar Berbasis IT dan Keterlaksanaan Literasi Sains SMA Padang
Abstract
Pencapaian pembelajaran abad 21 salah satunya adalah peserta didik diharapkan mempunyai literasi sains yang tinggi. Banyak cara yang bisa dilakukan pendidik untuk mencapai literasi sains peserta didik yang tinggi diantaranya dengan memanfaatkan bahan ajar yang tepat diantaranya e-modul. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat profil penggunan e-modul pada guru fisika SMA di kota Padang. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian survei. Survei dilakukan kepada pendidik yang mengajar fisika dan peserta didik di kota Padang. Dalam melakukan survei peneliti menggunakan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru hanya menggunakan beberapa bahan ajar berbasis IT dan peserta didik membutuhkan bahan ajar berbasis IT yang lebih beragam. Hal ini membuat guru membutuhkan bahan ajar yang lebih menarik dan dapat meningkatkan literasi sains peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Hayati T U F 2022 Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi 8–15
Mufit F, Asrizal, Hanum S A dan Fadhilah A 2020 Preliminary Research in The Development of Physics Teaching Materials That Integrate New Literacy and Disaster Literacy Journal of Physics: Conference Series 1481
Muliaman A, Sakdiah H dan Ginting F W 2022 Analisis Employability Skill Dan Literasi Sains Siswa Melalui Authentic Self-Assessment Pada Kurikulum Jurnal Pendidikan Fisika 11 24–32
Pilot A 2020 Book Review of Robot-Proof: Higher Education in the Age of Artificial Intelligence Journal of the European Honors Council 4 1–3
Sholeh M dan Sutanta E 2019 Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 1–9
Kartini K S dan Putra I N T A 2020 Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 4 12
Fantini E dan Tamba R S 2020 Mediamorfosis Edukasi Informal Online Melalui Platform Digital Sebagai Peluang Bisnis Baru Majalah Ilmiah Bijak 17 114–27
Fitriana 2021 Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Dan Informasi Dalam Proses Pembelajaran PPKN In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 3 35–47
Mufit F & Y H 2023 Augmented Reality dan Virtual Reality berbasis Konflik Kognitif sebagai Media Pembelajaran Abad Ke-21. (Raja Grafindo Persada)
Maharani A 2017 Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Operasi Bilangan Real Smk Teknologi & Rekayasa Teorema 2 1
Astuti M S D 2018 Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi bernuansa Islami berbasis Inquiry Terbimbing untuk Memberdayakan Kreativitas Belajar Peserta Didik Skripsi, Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan
Nurtika Lutfi 2021 Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Masa Pandemi. (Lutfi Gilang)
Suminar D 2019 Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2 774–83
Malina I, Yuliani H dan Syar N I 2021 Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA Muslimat NU Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika 3 70–80
ZAM E M 2021 Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 1 11–20
Hakim L N, Wedi A dan Praherdhiono H 2020 Electronic Module (E-Module) Untuk Memfasilitasi Siswa Belajar Materi Cahaya dan Alat Optik Di Rumah Jurnal Kajian Teknologi 3 239–50
Mufit F 2018 Model Pembelajaran Berbasis Konflik Kognitif (PbKK) 37
Dirman H M dan Mufit F 2022 Analisis Penggunaan Instrument Penilaian Pemahaman Konsep dan Literasi Sains di SMA Kabupaten Solok Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 13 251–6
Puspitasari R, Mufit F dan Asrizal 2021 Conditions of learning physics and students’ understanding of the concept of motion during the covid-19 pandemic Journal of Physics: Conference Series 1876 0–11
Yusmar F dan Fadilah R E 2023 Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 13 11–9
Teresia W 2021 Asesmen Nasional 2021 (Guepedia)
Alatas F dan Solehat D 2022 Pengembangan Media Audiovisual Praktikum Fisika Dasar Berbasis I-SETS (Islamic-Science, Environment,Tecnology, Society) sebagai Solusi Praktikum saat New Normal Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 13 103–16
Karpudewan M, Hj Ismail Z dan Mohamed N 2011 Greening a Chemistry Teaching Methods Course at the School of Educational Studies, Universiti Sains Malaysia Journal of Education for Sustainable Development 5 197–214
Rochmad 2012 Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 3 59–72
Nida R, M A S dan Haryandi S 2021 Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Multimodel pada Materi Alat-Alat Optik untuk Melatihkan Kemampuan Analisis Peserta Didik Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 5 107
Rahmadani H, Roza Y dan Murni A 2018 Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi di SMA IT Albayyinah Pekanbaru JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 1 91
Isnantyo F D, Sumarni S dan Siswanto B 2019 Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar Melalui Digital Book Pada Guru-Guru Smk Teknik Bangunan Senadimas 91–2
Rohmaini L, Netriwati N, Komarudin K, Nendra F dan Qiftiyah M 2020 Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall Teorema: Teori dan Riset Matematika 5 176
Fitria, Y., & Indra W 2020 Sains, Pengembangan model pembelajaran PBL berbasis digital untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan literasi
Takda A, Arifin K dan Tahang L 2023 Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Berdasarkan Nature Of Science Literacy Test ( NoSLiT ) Profile of High School Students ’ Scientific Literacy Ability Based on the Nature of Science Literacy Test ( NoSLiT ) Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika 8 19–27
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i1.17014
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]