Analisis Validasi e-LKPD berbasis PBL pada Topik Pengukuran Besaran Fisis Kelas X SLTA

Nur Khoiri, Affandi Faisal Kurniawan, Eka Yulianda Ismawati

Abstract


Era digital memerlukan adaptasi dalam proses pembelajaran salah satunya penggunaan e-LKPD. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh validitas e-LKPD berbasis PBL pada topik pengukuran besaran fisis yang telah dikembangkan untuk kelas X SLTA. Metode yang digunakan adalah validitas konstruk yaitu memperoleh penilaian produk dari ahli dibidangnya berdasarkan instrument yang telah disiapkan peneliti. Intrumen dikembangkan berdasarkan indikator kelayakan e-LKPD. Indikator tersebut di skoring lalu dikategorikan tingkat kevalidannya dalam empat kategori yaitu rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan berada pada kategori tinggi dengan skor total 83 dari skor maksimal 100. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran pengukuran besaran fisis.

Full Text:

PDF

References


Yusnelti Y and Asrial A 2019 Pengembangan E-Lkpd berpendekatan saintifik larutan elektrolit dan non elektrolit Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry 11 38–42

Zahroh D A and Yuliani Y 2021 Pengembangan e-LKPD Berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10 605–16

Fitriyah I M N and Ghofur M A 2021 Pengembangan E-LKPD berbasis android dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3 1957–70

Aslam M, Azis A A and Adnan A 2021 Pengembangan E-Lkpd Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA Jurnal Biotek 9 224–43

Yulianci S, Gunawan G, Doyan A and Febriyanti F 2019 Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Besaran dan Pengukuran Jurnal Pendidikan MIPA 9 123–7

Khoiri N 2023 Pengaruh Perkuliahan Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Generik Sains Mahasiswa Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 14 113–8

Lima A J B, Hernández L G J and Tobón S 2019 Design and validation of a rubric to evaluate the ethical project of life in university students WRSTSD 15 300

Yusoff M S B 2019 ABC of content validation and content validity index calculation Education in Medicine Journal 11 49–54

Khoiruzzadi M and Prasetya T 2021 Perkembangan kognitif dan implikasinya dalam dunia pendidikan Madaniyah 11 1–14

Naufal H 2021 Model pembelajaran konstruktivisme pada matematika untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa di era merdeka belajar ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) vol 2 pp 143–52

Saputro M N A and Pakpahan P L 2021 Mengukur keefektifan teori konstruktivisme dalam pembelajaran Journal of Education and Instruction (JOEAI) 4 24–39

Andriana E, Fauzany P S D and Alamsyah T P 2022 21st Century Multimedia Innovation: Development of E-LKPD Based on Scientific Inquiry in Science Class Journal of Innovation in Educational and Cultural Research 3 731–6

Kholifahtus Y F, Agustiningsih A and Wardoyo A A 2021 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar 5 143–51

Hidayah A N, Winingsih P H, Amalia A F and Fisika D 2020 Development of physics e-lkpd (electronic worksheets) using 3d pageflip based on problem based learning on balancing and rotation dynamics Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON 7 36–43

Adilah A N and Minsih M 2022 Pengembangan media pembelajaran Monokebu pada siswa sekolah dasar Jurnal Basicedu 6 5076–85

Fitriani F, Cantika L and Lolita N 2021 Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Materi Fisika SMA Besaran, Satuan, dan Pengukuran di MAN 2 Kota Jambi CERMIN: Jurnal Penelitian 5 81–8




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.17268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats