Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Google Sites untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Momentum dan Impuls

Puan Aisyah Maharani, Eko Risdianto, Iwan Setiawan

Abstract


Abstrak. Latar belakang dari penelitian ini, bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat telah membawa banyak manfaat positif terutama dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran seperti penggunaan media pembelajaran dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang sering terjadi dan belum bisa terpecahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan uji kelayakan produk, peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Google Sites untuk meningkatkan hasil belajar pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini menggunaan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dari penelitian yang dilakukan adalah siswa kelas XI J SMAN 3 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar wawancara, lembar angket validasi, lembar angket respon siswa dan lembar pretest dan Posstest. Berdasarkan hasil validasi ahli mengenai uji kelayakan produk memperoleh persentase mencapai 95,83 % dengan kategori sangat layak, sedangkan mengenai hasil belajar memperoleh N-gain Score sebesar 0,86 dengan kategori tinggi dan respon siswa memperoleh persentase mencapai 88,59 % dengan kategori sangat baik. Dari hasil yang diperoleh tersebut, maka pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Google Sites pada materi momentum dan impuls dapat diigunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan dapat membantu dalam menunjang siswa dalam pembelajaran fisika. Dampak dari penelitian ini diharapkan mampu menambah pengetahuan, wawasan dan meningkatkan kualitas pembelajaran ilmu teknologi pada proses pembelajaran fisika dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan Google Sites agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Google Sites, interaktif, Media pembelajaran.

Abstract. The background to this research is that the increasingly rapid development of technology has brought many positive benefits, especially in education. Technology in the learning process, such as using learning media, can help solve problems that often occur and cannot be solved. This research aims to describe product feasibility testing, improving student learning outcomes and student responses to developing assisted interactive learning media Google Sites to improve learning outcomes in momentum and impulse material. This research uses Research and Development using the ADDIE model. The subjects of the research carried out were class XI J students of SMAN 3 Bengkulu City. The data collection techniques were observation, interviews, documentation, and questionnaires. The instruments used in this research were observation sheets, interview sheets, validation questionnaire sheets, student response questionnaires and sheets of pretest and posttest. Based on the results of expert validation regarding product feasibility testing, the percentage reached 95.83% with the very feasible category, while regarding learning results obtained N-Gain Score amounted to 0.86 in the high category, and student responses obtained a percentage reaching 88.59% in the very good category. From the results obtained, the development of interactive learning media was assisted by Google Sites in the material momentum and impulse can be used to improve learning outcomes. It can help in supporting students in learning physics. The impact of this research is expected to be to increase knowledge and insight and improve the quality of science and technology learning in the physics learning process by using interactive learning media assisted by Google Sites to improve student learning outcomes.

Keywords: Google Sites, interactive, learning media.


Full Text:

PDF

References


Novialdi, MZ Z A and Thahir M 2020 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa SMK Negeri 5Pekanbaru Journal for Teachers and Learning 1 25–33

Taufiq A F, Fathiah A and Ni’matul J 2023 Pengembangan Modul berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pengetahuan Metakognitif Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 14 9–27

Rasa T and Laherto A 2022 Young people’s technological images of the future: implications for science and technology education European Journal of Futures Research 10

Shabrina A and Diani R 2019 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course Dengan Model Inkuiri Terbimbing Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 02 9–26

Hasnaa S A and Sahronih S 2022 Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan 3 21–7

Zaini A N, Tahir M and Ermiana I 2023 Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Pasca Pandemi dalam Penggunaan Media Digital Journal of Classroom Action Research 4

Nur Z 2022 Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi covid-19 di MTs Negeri 1 Makassar Educandum 8 121–8

Ariga S 2022 Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19 Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2 662–70

Purba H S, Drajat M and Mahardika A I 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas Ix Dengan Metode Drill And Practice EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 9 131–46

Siregar R A 2019 Briquettes production as teaching aids physics for improving science process skills Briquettes production as teaching aids physics for improving science process skills Journal of Physics: Conference Series PAPER 1–7

Putri R M, Risdianto E and Rohadi N 2019 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Jurnal Kumparan Fisika 2 113–20

Mukti W M, N Y B P and Anggraeni Z D 2020 Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Listrik Statis Jurnal Unej 5 51–9

Kresna N, Pratama P, Adi E P and Ulfa S 2021 Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 4 119–28

Wijayanti E, Fayeldi T, Ika Y and Pranyata P 2020 Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 9 224–35

Yuliani H, Yulianti R, Mariati M and Herianto C 2020 Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Pendekatan Saintifik Pada Sekolah Menengah Pertama Di Palangka Raya Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 11 222–30

Tasya N and Abadi A P 2019 Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Sesiomedika 2 660–2

Fitriyah A and Arief A 2017 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dengan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemanasan Global Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) 06 148–52

Putri N K, Yuberti Y and Hasanah U 2021 Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites materi hukum Newton pada gerak benda Physics and Science Education Journal (PSEJ) 1 133–43

Sugihartini N and Yudiana K 2018 Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 15 277–86

Sugiyono 2017 Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Bandun: Alfabeta CV)

Rahmawati D 2021 Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Menggunakan Sigil Software pada Materi Pembelajaran Fisika 12 106–12

Gunawan C W, Risdianto E and Putri D H 2023 Development of Canva Aplication based E–Magazine on Static Fluids to Improve Student Motivation Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ) 5 116–25

Fatikasari R, Matius B and M. Junus 2020 Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi PhET Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggana Materi Fluida Statis Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) 1 65–72

Sevtia A F, Taufik M and Doyan A 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7 1167–73

Islanda E and Darmawan D 2023 Pengembangan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa 27 51–62

Ismawati I, Mutia N, Fitriani N and Masturoh S 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Gelombang Bunyi Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika 2 140–6




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i1.17458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats