Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Fisika (GEMIKA) Berbantuan Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA

Sabila Henfi Amalia, Andik Purwanto, Eko Risdianto

Abstract


Media pembelajaran yang interaktif dapat mengatasi kurangnya motivasi belajar siswa, game edukasi adalah salah satu produk dari multimedia pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan game edukasi fisika (GEMIKA) berbantuan wordwall, respon siswa terhadap game edukasi fisika, dan mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa pada materi suhu, kalor, dan perpindahan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dalam proses pengembangannya menggunakan model ADDIE terdiri dari 5 tahapan (Analyze, Desain, Devlopment, Implementation, dan Evaluation). Data hasil penelitian didapat dari analisis kebutuhan, hasil angket validasi ahli media dan materi, angket respon siswa dan angket motivasi belajar. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan 83% siswa menyatakan sangat setuju dan membutuhkan game edukasi fisika sebgai media pembelajaran. Analisis data validasi ahli media mendapatkan presentase sebesar 87,5% , ahli materi 77,8%, respon siswa 84,36% dan N-gain sebesar 0,67 yang menunjukkan peningkatan motivasi siswa. Berdasarkan Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa game edukasi fisika layak digunakan sebgai media pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Mulyanengsih R and Wibowo F C 2021 E-learning in sains learning: A-review of literature J Phys Conf Ser 2019

Nurlita D, Sari J P, Harahap R A, Studi P, Fakultas T B, Tarbiyah I and Keguruan D 2023 Systematic Literature Review: Pemanfaatan Game Edukasi Digital sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMA Jurnal edukasi nonformal 4 455–453

Haryadi R, Nuraini H and Kansaa A 2021 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AtTàlim : Jurnal Pendidikan 7 2548–4419

Winata I W A, Suwindra I N P, Bagus I and Mardana P 2018 PENGEMBANGAN QUIZ GAME FISIKA PADA TOPIK MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA JPPF 8

Sulfemi W B and Qodir A 2017 BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK PELITA CIAMPEA RELATIONSHIP OF 2013 CURRICULUM WITH MOTIVATION LEARNING STUDENTS IN PELITA CIAMPEA VOCATIONAL SCHOOL Jurnal pendidikan dan administrasi pendidikan 17 1–12

Fitria N, ula Asshaumi R, Dewi Amalia Putri Y, Berliana Herman N, Dina Handayani A and Dwi Aristya Putra P 2023 ANALISIS EFEKTIVITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA SMA vol 7

Yakin R Q, Nyoman Putu Suwindra I and Bagus Putu Mardana I 2018 Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Gerak-Gerak Lurus Jppf 8 2599–2554

Purwanto A and Risdianto E 2019 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MOFIN ( MONOPOLI FISIKA SAINS ) PADA SISWA SMA KELAS X Jurnal Kumparan Fisika 2 41–7

Rahmawati Y, Febriyana M M, Bhakti Y B, Astuti I A D and Suendarti M 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Game Edukasi : Analisis Bibliometrik Menggunakan Software Julnal Penelitian Pembelajaran Fisika 13 257–66

Pamungkas Z S, Randriwibowo A, Nur L, Wulansari A, Melina N G and Purwasih A 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih Social Pedagogy: Journal of Social Science Education 2 135–48

Cahyani A, Listiana I D, Puteri S, Larasati D, Islam U, Sunan N, Yogyakarta K, Islam U, Sunan N, Yogyakarta K, Islam U, Sunan N, Yogyakarta K and Belajar M 2020 Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 3 123–40

Ahdad M M and Khairaty N I 2023 PENGGUNAAN KOMIK DIGITAL MATERI VIRUS (Studi Efektivitas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa) Journal Educandum 9 233–40

Utami F, Yoga Pradana A, Bratha Sheftyawan W and Supriadi B 2023 PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA 1 Jurnal Pembelajaran Fisika 12 61–7

Fatmawati A and Kalsum U 2021 PEMAHAMAN GURU FISIKA TENTANG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 ( K-13 ) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI MTs DARUL ULUM Journal Education of Young Physics Teacher 2 37–43

Gymnastiar I A 2022 Implementasi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Digital dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMA Pasundan Banjaran SOSIO RELIGI : Jurnal Kajian Pendididkan Umum 20 1–8

Batubara H H 2020 MEDIA PEMBELAJARAN EFEKTIF ed F Publishing (Semarang: Fatwa Publishing)

Carvalho C V De and Coelho A 2022 Game-Based Learning, Gamification in Education and Serious Games Journal Computers MDPI 11 1–4

Simaremare A, Promono N A, Putri D S, Mallisa F P P, Nabila S and Zahra F 2022 Pengembangan Game Edukasi Fisika Berbasis Augmented Reality pada Materi Kinematika untuk Siswa SMA Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 6 203

Pti J, Pendidikan J, Informasi T and Ulfa A Y 2023 Dampak Game Online Terhadap Pembelajaran Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 10 93–9

Parisa M, Arcana N, Susetyo A E and Kuncoro S krida 2023 PENGEMBANGAN KUIS DAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN WORDWALL Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics) 7 167–80

Maulidina Minarta S and Purwa Pamungkas H 2022 EFEKTIVITAS MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Jurnal kajian pendidikan ekonomi dan ilmu ekonomi 6 2549–2284

Ariama S and A B F C 2022 Pengembangan Website Sebagai Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking Pada Materi Listrik Dinamis JP2F Journal Penelitian Pembelajaran Fisika 13 181–90

Afifah S N, Liliawati W and Purwana U 2020 Kelayakan Konten dan Tampilan Bahan Ajar Augmented Reality pada Materi Teori Kinetik Gas WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 5 130–4

Ayu K, Saputri L and Suwiwa I G 2022 Media Pembelajaran Video Tutorial Teknik Dasar Lempar Petanque Jurnal Mimbar Ilmu 27 254–61

Kristina H, Vitasari M and Taufik A N 2022 Pengembangan E-modul Berbasis Literasi Sains Tema Ayo Siaga Bencana untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa SMP PENDIPA Jurnal of Science Education 6 754–63

Nugroho B W and Sulaiman 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Sepaktakraw Berbasis Android Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Demak Indonesian Journal for Physical Education and Sport 2 504–9

Adyani L, Agustin R and Raharjo 2015 BERBANTUAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya 4 648–57

Wijaya E Y, Aini N, Nur S, Azizah A and Budiarti I 2022 Pengembangan Goalpro Education Game : Mobile Gamification Learning System ( MGLS ) untuk meningkatkan motivasi belajar model ARCS ( Attention , Relevance , Confidence , Satisfaction ) Jurnal Ilmiah Eductic 8 109–16

Fahlevi R and Yuliani A 2021 PENGEMBANGAN GAME EDUKASI CERMAT BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING SISWA SMA PADA MATERI BARISAN GEOMETRI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4 1191–204




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.18099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats