UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X-10 DI SMA 2 KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X-10 SMA 2 Kudus dalam pembelajaran fisika melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara guru fisika dan peneliti. Guru fisika bertindak sebagai pemberi tindakan, sedangkan peneliti bertindak sebagai observer.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-10 SMA 2 Kudus tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui tahapan-tahapan model inkuiri terbimbing yang terdiri dari menyajikan masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan melakukan percobaan, mengumpulkan dan menganalisis data, membuat kesimpulan setelah tiga siklus dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X-10 SMA 2 Kudus. Berdasarkan hasil observasi di dapatkan hasil KPS sebesar 55,08% pada siklus I, 78,40% pada siklus II dan 92,48% pada siklus III. Dari data tersebut terdapat peningkatan sebesar 23,32% dari siklus I ke siklus II, dan mengalami peningkatan sebesar 14,08% dari siklus II ke siklus III. Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing didapatkan peningkatan juga dari 70% meningkat menjadi 80% dan meningkat lagi menjadi 95%. Angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing yang menekankan keterampilan proses sains pada saat pra tindakan memperoleh nilai rata-rata 65,73 dan mengalami peningkatan pada saat paska tidakan dengan nilai rata-rata 75,04. Penilaian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X-10 tahun ajaran 2012/2013.
Full Text:
PDFReferences
Isaura, Oki Febriliani. 2012. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Menggunakan Media Powerpoint Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII Smp Negeri 7 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. IKIP PGRI SEMARANG.
Permata, Evita. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Mengetahui Profil Keterampilan Proses Sains. UPI: Tidak Diterbitkan.
Semiawan, C.et al. (1986). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : Gramedia.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2007. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v4i2.2354
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]