PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE PADA POKOK BAHASAN TEKANAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANGGUNGHARJO

Isayazi Durrouwi, Ernawati Saptaningrum, Joko Siswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange pada pokok bahasan tekanan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanggungharjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Tanggungharjo. Sampel yang diambil dalam penelitian ini siswa kelas VIIID dan  kelas VIIIF. Analisis akhir menggunakan uji-t (pihak kanan). Pada uji t diperoleh thitung  1,756 > ttabel 1,666 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran yang dilaksanakan di kelas eksperimen  dengan pembelajaran di kelas control. Saran yang dapat peneliti sampaikan perlu adanya perubahan dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan metode outdoor study sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v5i2.2572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats