PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

Rifa’ah Rifa’ah, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Susilawati Susilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Bonang Demak tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan Pembelajaran Aktif Kreatif Efetif dan Menyenangkan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E siswa SMP Negeri 2 Bonang Demak yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian berupa: instrumen keaktifan siswa, instrumen hasil belajar siswa, dan instrumen ketercapaian model PAKEM. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif berupa jumlah skor hasil belajar siswa dan analisis deskriptif hasil PTK siklus I, II dan III. Hasil penelitian ini dapat diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan ketercapaian penerapan  model PAKEM  masing-masing  51.25 %, 66 % dan  67.04 % pada siklus I, untuk siklus II yakni 66.25 %, 72 %, dan 73.37 %, sedangkan  siklus III  87.5 %, 88 %, dan 88.14 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada siklus III sudah tercapai ketuntasan aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan ketercapaian penerapan model  PAKEM, maka  perbaikan pembelajaran berhenti pada siklus III saja dan tidak perlu dilakukan perbaikan pembelajaran siklus berikutnya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v6i1.2586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats