IMPLEMENTASI MACROMEDIA FLASH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini adalah Bagaimana
peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Macromedia Flash
dengan model pembelajaran Think-Pair-Share di kelas VIII B SMP N
2 Ampel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Macromedia Flash
dengan model pembelajaran Think-Pair-Share kelas VIII B SMP N 2
Ampel. Melalui penelitian tindakan kelas (PTK) masalah ini dicoba
untuk diselesaikan dengan memanfaatkan multimedia Macromedia
Flash ke dalam pembelajaran dengan model Kooperatif tipe Think
Pair Share. Data diperoleh melalui observasi dengan melakukan
pengamatan langsung selama proses kegiatan belajar mengajar
berlangsung dan pemberian tes uji kompetensi. Kemudian dianalisis
secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aktifitas siswa dalam berkelompok, mengerjakan tugas-tugas, berfikir
bersama dan berani mengeluarkan pendapat. Hasil belajar siswa
meningkat dan respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan
menyenangkan. Dengan demikian dari pelaksanaan penelitian
tindakan kelas menerapkan Macromedia Flash dengan model
pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share siklus I dan siklus II,
disimpulkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar fisika di SMP
Negeri 2 Ampel dalam kegiatan pembelajaran khususnya mata
pelajaran fisika pada pokok bahasan cahaya.
Kata kunci: Hasil belajar, Macromedia Flash, Think Pair Share
peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Macromedia Flash
dengan model pembelajaran Think-Pair-Share di kelas VIII B SMP N
2 Ampel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Macromedia Flash
dengan model pembelajaran Think-Pair-Share kelas VIII B SMP N 2
Ampel. Melalui penelitian tindakan kelas (PTK) masalah ini dicoba
untuk diselesaikan dengan memanfaatkan multimedia Macromedia
Flash ke dalam pembelajaran dengan model Kooperatif tipe Think
Pair Share. Data diperoleh melalui observasi dengan melakukan
pengamatan langsung selama proses kegiatan belajar mengajar
berlangsung dan pemberian tes uji kompetensi. Kemudian dianalisis
secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aktifitas siswa dalam berkelompok, mengerjakan tugas-tugas, berfikir
bersama dan berani mengeluarkan pendapat. Hasil belajar siswa
meningkat dan respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan
menyenangkan. Dengan demikian dari pelaksanaan penelitian
tindakan kelas menerapkan Macromedia Flash dengan model
pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share siklus I dan siklus II,
disimpulkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar fisika di SMP
Negeri 2 Ampel dalam kegiatan pembelajaran khususnya mata
pelajaran fisika pada pokok bahasan cahaya.
Kata kunci: Hasil belajar, Macromedia Flash, Think Pair Share
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v3i1/april.380
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]