Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Taman Tahun Pelajaran 2019/2020
Kukuh Sugandi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Taman Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Taman. Data dikumpulkan melalui metode tes yang dijabarkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan berpikir kritis siswa SMP N 3 Taman sebesar 17,3 (43 %) dari nilai maksimum 40. Ditinjau dari indikatornya, kemampuan siswa memberikan penjelasan sederhana sebesar 3,3(81%), membangun keterampilan dasar sebesar 2,1(53%), kemampuan menyimpulkan sebesar 1,7(43%), kemampuan memberikan penjelasan lanjut 1,1(27%), dan kemmpuan mengatur strategi dan teknik 0,5(12%).
Zubaidah S 2016 Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “isu-isu strategis pembelajaran MIPA Abad 21 10
Dewi N D L and Prasetyo Z K 2016 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2 2 p 213-222.
Ulya F 2015 Pengaruh Modul Online terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Saraf Kelas XI SMA N 1 Jekulo Kudus (Semarang: Jurusan Pendidikan Biologi Universtas PGRI Semarang)
Nurkholifah N and Mayasari T 2018 Prosiding Quantum Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan) p 569-574
Anggareni N W, Ristiati N P and Widiyanti N L P M 2013 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 3 1
Fakhriyah F 2014 Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3 1
Insyasiska D, Zubaidah S and Susilo H 2017 Jurnal Pendidikan Biologi 7 1 p 9-21