Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Sumber-sumber Energi

Rina Wijayanti, Joko Siswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi sumber-sumber energi. Data dikumpulkan melalui metode tes berupa soal essay berdasarkan lima indikator kemampuan berpikir kritis menurut Ennis. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata ketercapaian 46,97%, kemampuan memberikan penjelasan sederhana 59,72%, kemampuan membangun  keterampilan dasar 41,67%, kemampuan menyimpulkan 39,17%, kemampuan memberikan penjelasan lanjut 37,22%, dan kemampuan mengatur strategi dan teknik 57,08%.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 2016 Standar Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdikbud, Jakarta

Friedrichen, P. M. 2001. A Biologi Course for Prospective Elementary Teachers Journal The American Biology Teacher

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta

Ennis, R. H., 1987, A Taxonomi of Critical Thinking Skills: Theory and Practice”. Eds. Baron, J.B. and Stendberd, R.J., WH Freeman & Company, New York

Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197-202.

Anggraeni N W, Ristianti N P dan Widiyanti N L P M 2013 Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA SMP e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (2013) Vol 3

Prasetyowati, E. N., & Suyatno, S 2016 Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pokok Larutan Penyangga( Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 1) (1), 67-74.

Fakhriyah F 2014 Junal Pendidikan IPA Indonesia h. 95- 101

Insyasiska D dan Zubaidah S Susilo H 2015 Jurnal Pendidikan Bologi Volume 7 Nomor 1 h. 9- 21

Kemdiknas. 2010. Model pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ ESD) melalui kegiatan intrakulikuler. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang Kemdiknas.

Indrati, D. A., & Hariadi, P. P. ESD (Education for Sustainable Development) Melalui Pembelajaran Biologi

Rahman, A., Heryanti, L. M., & Ekanara, B. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Education for Sustainable Development pada Konsep Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(1), 1-8.

Ulya F 2015, Pengaruh Modul Online terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Saraf Kelas XI SMA N 1 Jekulo Kudus Semarang, Jurusan Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang.

Shanti, Widha N. 2017. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui Problem Psing, Literasi. 8(1): 49-59

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.5533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats