Focus and Scope
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) memfokuskan pada hasil penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran, khususnya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan dan pembelajaran. Isu JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) meliputi implementasi kurikulum, strategi dan model, media, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan baik di perguruan tinggi, sekolah, maupun lingkungan masyarakat.
Section Policies
Articles
![]() |
![]() |
![]() |
Peer Review Process
Artikel yang diterima akan direview oleh dua orang reviewer yang dilakukan secara tertutup (Two blind Reviewers).
- Informasi mengenai naskah yang disampaikan oleh penulis harus dirahasiakan dan diperlakukan sebagai informasi rahasia.
- Pengulas naskah harus memastikan penulis telah mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian ini. Setiap jenis kesamaan atau tumpang tindih antara naskah yang dipertimbangkan atau dengan naskah yang diterbitkan lain yang pengulas ketahui harus segera disampaikan ke editor.
- Ulasan naskah diserahkan harus dilakukan secara objektif dan pengulas harus mengekspresikan pandangan secara jelas dengan argumen yang mendukung. Dalam hal pengulas merasa tidak mungkin untuk menyelesaikan review naskah dalam waktu yang ditentukan maka informasi ini harus dikomunikasikan ke editor, sehingga naskah bisa dikirim ke pengulas lain.
Publication Frequency
JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)Â terbit sebanyak dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Mei dan November pada masing-masing volume.
Open Access Policy
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke kontennya berdasarkan prinsip bahwa membuat penelitian di bidang pendidikan tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.