BUKTI PENILAIAN DALAM PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD)

Anisatul Islami, Debora Lusiana Pardede, Elfrida Maria Sari, Varra Amilia Aziziah, Fauzi Mulyatna

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji literatur terkait tahap kedua dalam pendekatan Understanding by Design (UbD), yaitu menentukan bukti penilaian. Data dikumpulkan menggunakan kajian literatur dengan bersumber pada artikel penelitian yang membahas tahap 2 dalam UbD. Proses kajian literatur dilakukan melalui empat tahapan: pemilihan topik, pemilihan artikel yang relevan, analisis isi artikel, serta pengorganisasian penulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Menentukan bukti penilaian guru dapat mendesain pertanyaan dalam memilih asesmen autentik yang akan digunakan. 2) Bukti penilaian seperti proyek, portofolio, dan unjuk kerja lebih efektif dibandingkan tes tertulis tradisional dalam mengukur pemahaman siswa. UbD tahap 2 membantu guru dalam menyusun penilaian yang lebih komprehensif, sehingga memungkinkan pengukuran pemahaman siswa yang lebih mendalam. Implementasi yang efektif dari UbD bergantung pada kompetensi guru dalam merancang asesmen yang valid serta dukungan dari institusi pendidikan. Dengan demikian, UbD tahap 2 memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memastikan bahwa penilaian yang dilakukan benar-benar mencerminkan pemahaman siswa.


Keywords


understanding by design; asesmen autentik; desain mundur; bukti penilaian; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699.

Afifah, R., & Zhara, T. A. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 10(1), 44–54. https://doi.org/10.37058/jp3m.v10i1.

Alfiyah. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Understanding by Design di Sekolah Alam Depok Terhadap Kesadaran Mentadabburi Ayat-Ayat Al-Qur’an. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1(September), 19–28.

McTighe, J., & Wiggins, G. (2012). Understanding By Design® Framework. Alexandria, VA: Association for Supervision …, 1–13. Retrieved from ftp://ftp1.sd34.bc.ca/ProD/VC/BackwardDesign/UbD_WhitePaper0312.pdf

Musmiroh Idris, M., & Asyafah, A. (2020). Authentic Assessment in Islamic Education. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 3(1), 1–9. Retrieved from www.jkpis.com

Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka.

Ramli, D. P. S., & Argaswari, D. P. A. D. (2023). Praktik Mengajar Understanding by Design (UbD) bagi Calon Guru Pendidikan Matematika di Universitas Sampoerna.

Setiyawati, N., & Septiani, U. R. (2023). Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Ubd. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(3), 170–174. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16126

Sutanto. (2024). Studi Kasus Penerapan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran Matematika Kelas 5 di SD Negeri 1 Selo Kecamatan Tawangharjo. JGSD: Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(3), 27–34. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i3.4

Ulhaq, dr. Z. S. (2018).

Wiggins, G., & Mctighe, J. (2011). The Understanding by Design Guide to Creating High-Quality Units. In ASCD. United States of America: ASCD.

Wiggins, G., & Mctighe, J. (2012). The Understanding by Design Guide to Advanced Concepts in Creating and Reviewing Units. United States of America: ASCD.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp3.v10i2.22723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) telah terindeks pada:

         

 

Creative Commons License

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) by LPP Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upgris.ac.id/index.php/jp3.