Model Project based learning pada tema 9 Kekayaan Negeriku untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Kentungan

Makhlisotul Adina, Eny Winarti, Eny Winarti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran dengan model project based learning pada pembelajaran tematik tema 9 Kayanya Negeriku subtema 2  Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia mata pelajaran IPA dan IPS materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang ada di lingkungan sekitar kita yang diterapkan di kelas IV-B SDN Kentungan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang dilakukan oleh peneliti di kelas tersebut. Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti menggunakan instrumen dengan rubrik keterampilan  proses, dan juga soal tes muatan pembelajaran IPA dan IPS. Analisis data dilakukan mengunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan cara membandingkan kondisi awal sebelum digunakan tindakan, hasil siklus 1, dan hasil siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan temuan: 1) model pembelajaran PJBL dilakukan dengan langkah-langkah berikut; a) menentukan pertanyaan mendasar, b) mendesain perencanaan proyek, c) Menyusun jadwal, d) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek, e) Menilai hasil proyek, f) Mengevaluasi pengalaman. Temuan lain adalah bahwa model pembelajaran PBJL terbukti meningkatkan ketrampilan pada tema 9 sub tema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Keywords


project based learning, hasil belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Aji, W. N. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Klaten. Jurnal VARIDIKA, 29(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/varidika.v29i1.5141

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Purbasari, R. J. (2013). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa Sma Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang.

Sulisworo, D. (2016). The Contribution of the Education System Quality to Improve the Nation’s Competitiveness of Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(2), 127. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i2.3468

Syifak, M. (2013). Penggunaan Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas Ii Sdn Margorejo Iii / 405 Surabaya M . Syifak. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 1, No.

Wahyuni Oktavia, S., & Kunci, K. (2015). Inovasi Model Partisipasi Solusi (Partisol) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2477–2636.




DOI: https://doi.org/10.26877/jml.v36i3.15806

DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v36i3.15806.g9515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]