Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pantun Dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Role Playing Siswa Kelas V SDN Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang

Maria Helga Naning Alviana, Mulyani Mulyani

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pantun siswa kelas VA SDN Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang akibat model dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan membaca pantun siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan metode role playing. Penelitian ini dilaksanakan dengan rangkaian PTK yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi pada 27 siswa kelas VA SDN Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik tes selama 2 siklus. Siklus 1 dilaksanakan selama 2 kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan selama 3 kali pertemuan.  Setiap siklus terjadi peningkatan pada nilai siswa. Luaran hasil pembelajaran Bahasa Indonesia pada penelitian ini meliputi aspek kemampuan membaca siswa (berbicara) dan nilai hasil evaluasi siswa. Pada awal pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu prasiklus nilai ketuntasan hasil evaluasi siswa dengan rata-rata sebesar 22%. Terjadi peningkatan pada siklus 1 menjadi sebesar 56%. Pada siklus 2 setelah penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan metode role playing tingkat ketuntasan siswa sebesar 81%. Kemampuan membaca pantun siswa juga meningkat di setiap siklus. Pada prasiklus rata-rata nilai kemampuan siswa sebesar 64,8%. Pada siklus 1 rata-rata meningkat menjadi sebesar 72,2% dan 87,9% pada siklus 2. Hal ini menunjukan bahwa adanya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan metode role playing meningkatkan kemampuan membaca pantun siswa kelas VA SDN Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang.


Keywords


Project Based Learning (PjBL); pantun; role playing

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz, M., Astuti, S., & Satya Wacana, K. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD The Effectiveness Of The Problem Based Learning And Project Based Learning Models Is Seen From Critical Thinking Skills In Thematic Learning Of Grade V Elementary School Students 1* (Vol. 8). http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/

Amar, C. (2016). Korelasi Kemampuan Memahami Ciri Pantun dan Kemampuan Menentukan Jenis Pantun dengan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Pagaralam (Vol. 6, Issue 1).

Anengsih, Muryani, & Jamaludin, U. (2023). Penerapan Berbalas Pantun Dalam Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9.

Anengsih, U. J. (2023). Penerapan Project Based Learning Pada Pembelajaran Pantun Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4472/http

Apriansah, D., Muktadir, A., & Lusa, H. (2018). Studi Identifikasi Jenis-Jenis Pantun dalam Masyarakat Kaur Provinsi Bengkulu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43–50.

Aprilia Rustamaji, E., Setyawan, A., & Artikel, I. (n.d.). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional.

Azhariyah. (n.d.). PENEREPAN METODE ROLE PLAY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS.

Dirgantari, N., & Cahyani, I. (2024). ETNOPADEGOGI: PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR. Kibas Cenderawasih, 21(1), 15–20. https://doi.org/10.26499/kc.v21i1.413

Ermi, T. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas melalui Forum Diskusi Kelompok Kecil di Sekolah Dasar Binaan Kecamatan Payung Sekaki. Instructional Development Journal (IDJ), 5. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ

Fathurrahman. (n.d.). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH.

Hakim, L. (n.d.). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS (Vol. 15, Issue 1).

Junaidah, & Sigli, A.-H. (2022). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Vol. 19, Issue 2). http://journal.stitalhilalsigli.ac.id/index.php/azkia

Khotimah, K., & Safira, A. D. (2023). Integrasi Teknologi Pendidikan dalam Menganalisis Kesalahan Fonologis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Tingkat Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3.

Maesaroh, S., & Mulyadiprana, A. (2020). Rancangan Multimedia Interaktif tentang Pantun untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (Vol. 7, Issue 3). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Mulyani, R. S., Pd, S., Supardi, U. S., & Pd, M. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA. In PANDITA: Interdisciplinary Journal of Public Affairs (Vol. 6, Issue 1). http://pandita-fia.unkris.ac.id/

Nursaadah, A., & Rodiyana, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Sekolah Dasar. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(1), 92–100. https://doi.org/10.56916/bip.v2i1.429

Putri, O. :, & Ramadani, A. (2023). URGENSI METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR BERBASIS MERDEKA BELAJAR.

Radiansyah, R., Jannah, F., & Sari, R. (2021). Workshop Pembuatan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 170–174. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i2.1681

Sar’iyyah, N., Wangge, Y. S., Nono BS, Y., & Bito, G. S. (2021). Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Sekolah Dasar di Kota Ende. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.37478/abdika.v1i2.945

Sulistio, A., & Kediri, M. 4. (2022). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Memahami Teks Narrative dengan menggunakan Metode Pembelajaran Role Play pada Siswa Kelas XI IBB di MAN 4 Kediri Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3).

Taufik, I. N. (2022). KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANDUNG. Journal of Elementary Education, 05, 3.

Wiji, B., Usman, N., & Laihat. (2021). BAHAN AJAR BERBASIS LINTAS BUDAYA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SUBTEMA GLOBALISASI DI SEKITARKU DI KELAS VI SD (Vol. 8, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.26877/jml.v36i3.22096

DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/jml.v36i3.22096.g9514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JML (Jurnal Majalah Lontar) Indexed by:

     

________________________________________________________________

Copyright of JML (Jurnal Majalah Lontar) ISSN 0853-0041 (Print), ISSN 2654-458X (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Jafar Sodiq, S.Pd., M.Pd.
Phone. +62 812 2905 0000
Email: [email protected]