Efektivitas model NHT tipe kepala bernomor terstruktur berbantuan Word Square
Abstract
Sebagian besar peserta didik kelas VIII SMP N 19 Tegal mempunyai prestasi belajar yang rendah dibawah KKM. Hal ini didasari dengan penggunaan model pembelajaran konvensional yang berpusat kepada guru. Berkaitan dengan hal ini perlu adanya usaha dari guru untuk menjadikan pelajaran matematika sebagai pelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Usaha yang ditempuh adalah menerapkan model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur berbantuan word square. Tujuan penelitian ini adalah (1)terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik antara yang diajar dengan model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur berbantuan word square dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur tanpa berbantuan word square; (2)model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur berbantuan word square lebih baik daripada model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur tanpa berbantuan word square. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dua pihak dan uji t satu pihak kanan, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik antara yang diajar dengan model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur berbantuan word square dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur tanpa berbantuan word square; (2) model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur berbantuan word square lebih baik daripada model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur tanpa berbantuan word square.
Kata kunci: Prestasi Belajar; Word Square; NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal, Ali Murtadlo. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Bachtiar, Bagus, Eleonora Dwi Wahyuningsih, Purwo Susongko. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Struktur Berbantu CD Pembelajaran Ditinjau Dari Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti. 1(1) (2017) 53-57.
Lestari, Karunia Eka, Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana. (2013). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susongko, Purwo. (2017). Penilaian Hasil Belajar. Tegal: Badan Penerbit Universitas Pnacasakti Tegal.
Tivany, Fika, Fuad Abdurachman, Hartono. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 21, Nomor 1, April 2016, hlm.42-45.
Qurniawati, Annik dkk. (2013).Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Dengan Media Kartu Pintar Dan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester Genap Sma Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol.2 No. 3
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.3739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika