Penerapan metode pembelajaran problem Based Learning dengan menggunakan pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMP dan MTs di Kabupaten Malang
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ason, Libertus. (2013). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pakisaji. Mathematics Education Journal, 2(2), 45-63. Diakses dari https://ejournal.unikama.ac.id
Avida, Fitria. (2012). Penerapan pembelajaran berbasis masalah problem based learning menggunakan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VII A di SMP PGRI 01 Pakisaji. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(2), 1-12. Diakses dari https://ejournal.unikama.ac.id
Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail, Husain. (2014). Peningkatan motivasi belajar matematika melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD Inpres Palupi. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(4), 343-350. Diakses dari https://media.neliti.com
Mushawwir, Muhammad Abdul. (2015). Studi tentang keterampilan guru dalam melaksanakan apersepsi pada pembelajaran PPKN di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Online Journal System kumpulan jurnal terbitan UNM, 12(1), 124-137. Diakses dari https://ojs.unm.ac.id
Prafitasari, Aulya Nanda. (2015). Heterogenitas Kemampuan Belajar Siswa Sebagai Dasar Pengembangan Model Pembelajaran Leader-TRACE (Training, Action, Evaluation), Seminar Nasional Fisika dan Pembelajaran 2015, Juli 4-11, 2015.
Rahmawati, Evi. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada kompetensi lingkaran kelas VII di SMP Negeri 2 Malang. Mathematics Education Journal, 65(8), 145-152. Diakses dari https://ejournal.unikama.ac.id
Silviani, Tri Rahmah dkk. (2017). Upaya meningkatkan minat belajar matematika siswa menggunakan inquiry based learning setting group investigation. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif (Kereano), 8(2), 150-161. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Peelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori danAplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Surya, Yenni Fitra. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53. Diakses dari https://media.neliti.com
Wahyuddin. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbail. Jurnal Tadris Matematika BETA, 9(2), 148-160. Diakses dari https://jurnalbeta.ac.id
Yanti, Asrian Hirda. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118-129. Diakses dari https://media.neliti.com
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4804
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika