Pengembangan buku ajar berbasis Technopedagogy pada matakuliah konsep dasar matematika

Andes Safarandes Asmara, Depi Prihamdani, Haerudin Haerudin

Abstract


Bahan ajar merupakan salah satu faktor penting dalam keefektifan sebuah pembelajaran terlebih di tingkat Perguruan Tinggi. Kurangnya bahan ajar tentunya dapat memengaruhi kualitas pembelajaran. Technopedagogy salah satu dari sekian banyak cara yang bisa memfasilitasi supaya kriteria dan bahan ajar bisa efektif. Maka peneliti tertarik untuk mengembangkan bahan ajar yang berupa buku ajar berbasis technopedagogy pada mata kuliah konsep dasar matematika. Pendekatan dalam penelitian ini adalah RnD (Research and Development), sedangkan model penelitian pengembangan yang dipilih adalah  ADDIE. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa angket dan pedoman wawancara dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran menggunakan buku ajar dapat memudahkan proses pembelajaran sehingga membantu pencapaian ketuntasan kompetensi peserta didik


Full Text:

PDF

References


Anggela, M. (2013). Pengembangan Buku Ajar Bermuatan Nilai-nilai Karakter Pada Materi Usaha dan Momentum untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA. Pillar of Physics Education. Vol. 1 63-70.

Beaudin, L., and C. Hadden. 2004. Developing technopedagogical skills in preservice teachers. In Proceedings of World Conference on E-Learning in Corporate, Government, Healthcare, and Higher Education 2004, 492-498. Norfolk, VA: Association for the Advancement of Computing in Education.

Depdiknas. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Ipek, Jale et al. (2014). Inspection of Techno-Pedagogical Educational Qualifications of Mathematics Teacher Candidats. Journal Procedia – Social and Behavioral Sciences 141 (718-725).

Milligan, K., and S. Robinson. 2000. Faculty development: From computer skills to technology integration. In Faculty development, ed. B. Gillan and K. McFerrin, 436-440. http://www.eric.ed.gov/ERICDocs/data/ericdocs2/content_storage_01/0000000b/80/22/77/5e.pdf

Mulyasa, (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasihah, F., Suyono, S., & Supandi, S. (2015). Pengembangan Modul Dengan Model Problem Solving Berbantu Lks Dan Puzzquare Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Materi Segiempat SMP. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 11-17. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1398

Thakur, Nabir. (2015). A Study on Implementation of Techno-Pedagogical Skills, its Chalenges and Role to Release at Higher level of Education. American International Journal of Research in Humanities, Arts and social Sciences. 9(2), December 2014- February 2015, pp. 182-186.

Topp, N., and R. Mortenson. 2000. Ten years of technology training for faculty. In Faculty development, ed. B. Gillan and K. McFerrin, 463-468. http://www.eric.ed.gov/ERICDocs/data/ericdocs2/content_storage_01/0000000b/80/22/77/5e.pdf

Pannen, Paulina dan Purwanto.(2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Intruksional Ditjen Dikti Diknas.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2012). Penilaian Buku Teks Pelajaran. http://puskurbuk.net/web/penilian-buku-teks-pelajaran.html (Diunduh 28 April 2020).

Syamsi, K. (2013). Pengembangan Model Buku Ajar Membaca Berdasarkan Pendekatan Proses Bagi Siswa SMP. Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan Th.XXXII No 1.

Tegeh, I.M., Kirna, I.M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian. Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal IKA Undiksha, 11(1), 12-26. DOI : http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Wijayanti, W. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Dilengkapi Dengan AA (Authentic Assessment) Berbantuan Flipbook Maker Untuk SMA Kelas X. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol.7, No 2.(2016). DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1422




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.7279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats