ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DI KECAMATAN KALIDONI DAN ILIR TIMUR II

Tanti Anggia Sari, Saleh Hidayat, Binar Azwar Anas Harfian

Abstract


Keterampilan berpikir kritis peserta didik sangat diperlukan karena peserta dituntut untuk lebih tanggap dalam memecahkan masalah dan menyelesaikan masalah yang terdapat di dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase tingkat penguasaan keterampilan berpikir kritis siswa di Kecamatan Kalidoni dan Ilir Timur II. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian yaitu 4 SMA yang Negeri dan Swasta yang terakreditasi A dan B. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Teknik Pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara, observasi, soal keterampilan berpikir kritis dan dokumentasi. Analisis data menggukan Ms. Excel dengan menghitung tingkat penguasaan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil Penelitian  menunjukan persentase keterampilan berpikir kritis siswa SMA di kecamatan Kalidoni sebesar 50,95% dengan kategori sedang dan di Kecamatan Ilir Timur II sebesar 50,43% dikategorikan sedang. Indikator tertinggi di Kecamatan Kalidoni ditunjukan pada indikator pengaturan diri sebesar 64,29% dan terendah pada indikator mengevaluasi 41,27% dan indikator tertinggi di Kecamatan Ilir Timur II ditunjukan pada indikator pengaturan diri sebesar 65,81% dan terendah pada indikator menjelaskan 46,83%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v7i2.2859

Refbacks



Situs Togel

Stockity

Stockity Login

Stockity Daftar

Stockity Web

Daftar Stockity

Login Stockity

Stockity Official

Stockity Indonesia

slot online

toto macau
toto macau 4d

POSKOBET

POSKOBET

POSTOTO787

POSTOTO787

EMAS787

EMAS787

SUNDA787

SUNDA787

https://www.thedecliningwinter.com

ASIABET777

ASIABET777

https://mega888slots.com

https://www.thecarecommunity.com

https://mega888slots.com

Toto Togel