Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP Muhammadiyah Terpadu Moga untuk pengembangan bahan ajar konsep tumbuhan biji melalui penerapan kearifan lokal

Farida Martiani, Fenny Roshayanti, Joko Siswanto

Abstract


Penerapan kearifan lokal pada materi tumbuhan biji sangat penting dalam pengembangan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Terpadu Moga. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII B sebanyak 30 siswa di SMP Muhammadiyah Terpadu Moga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar konsep tumbuhan biji melalui penerapan kearifan lokal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII B di SMP Muhammadiyah Terpadu Moga.

 

Kata kunci: bahan ajar; berpikir kritis; kearifan lokal.

 

ABSTRACT

Analysis of SMP Muhammadiyah Terpadu Moga students’s critical thinking ability to develop the spermatophytes teaching material based on local wisdom. Application of local wisdom to planting materials is very important in the development of teaching materials. This study aims to improve the thinking skills of students of class VII in Junior High School Integrated Muhammadiyah Moga. This study was included in a quantitative study with research subjects in class VII B as many as 30 students in the Junior High School Integrated Muhammadiyah Moga. Data collection techniques used were observation, tests and interviews.  The analysis technique is done by data reduction, data presentation and conclusion. The data validity technique is using the triangulation method. The results of this study are the development of teaching materials for the concept of seed plants through the application of local culture can improve the ability of students of class VII B in Junior High School Integrated Muhammadiyah Moga.

 

Keywords: teaching material; critical thinking; local wisdom


Full Text:

PDF

References


Akhlis, I., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran science berorientasi cultural deviance solution berbasis inkuiri menggunakan ICT untuk mengembangkan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 86–94. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2905

Baron, J. B., & Sternberg, R. J. (1987). Teaching thinking skills: Theory and practicele. New York: W. H. Freeman and Company. Retrieved from https://psycnet.apa.org/record/1986-98688-000

Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. Retrieved from http://faculty.education.illinois.edu/rh ennis/documents/TheNatureofCritical Thinking_51711_000.pdf.

Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan penalaran ilmiah siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i1p27-34

Haqiqi, A. K. (2018). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar IPA SMP Kota Semarang. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 37-43. https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.838

Jayanti, U. N. A. D., Susilo, H., & Suarsini, E. (2017). Analisis kebutuhan bentuk sumber belajar dan media pembelajaran biologi berbasis potensi lokal untuk kelas X SMA di Provinsi Lampung. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2, 591-599.

Khotimah, H. (2020). Deskripsi materi dan indikator pada hasil ujian nasional matematika siswa SMP/MTs tahun ajaran 2018/2019. Prosiding Konferensi Nasinal Pendidikan I. FKIP UM Banjarmasin. https://urbangreen.co.id/proceeding/index.php/library/article/view/5

Mahmuzah, R. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMP melalui pendekatan problem posing. Jurnal Peluang, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123

Prabowo, S. A. (2015). The effectiveness of scientific based learning towards science process skill mastery of PGSD students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 15–19. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3495

Ulya, F. (2015). Pengaruh modul online terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem saraf Kelas IX SMAN 1 Jekulo Kudus Semarang. Jurusan Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang.




DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v10i2.5514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed by:

 


Web
Analytics View My Stats



Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi by Biology Education  Universitas PGRI Semarang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.