TINGKAT KEPUASAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DALAM PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF QUIPPER SCHOOL

Terrina Chairulita Handayanti, Andreas Priyono Budi Prasetyo, Priyantini Widianingrum

Abstract


Quipper School merupakan aplikasi online yang berfokus pada guru dan siswa dengan memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran. Sekalipun Quipper School mulai terkenal di SMA Negeri 1 Jepara, pada kenyataannya masih sedikit informasi tentang dampak penerapan media terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan media interaktif Quipper School pada tingkat kepuasan dan hasil belajar materi ekosistem di SMA Negeri 1 Jepara. Desain penelitian adalah Pre-Experiment dengan pola One-Group Pretest-Posttest Design . Populasi adalah seluruh kelas X-IPA berjumlah 214 siswa di SMA Negeri 1 Jepara. Teknik penelitian menggunakan purposive sampling diperoleh kelas X IPA 4, X IPA 5 dan X IPA 6. Waktu penelitian dimulai pada semester genap yakni tahun ajaran 2018/2019. Keterlaksanaan pembelajaran diukur dengan lembar observasi dan angket tingkat kepuasan siswa. Skor hasil belajar diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penerapan media interaktif Quipper School pada materi ekosistem (0,64%). Sekolah dapat menggunakan media interaktif secara intensif untuk meningkatkan hasil belajar biologi.

 

Kata kunci : Hasil belajar, Quipper School, tingkat kepuasan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v9i1.6030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed by:

 


Web
Analytics View My Stats



Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi by Biology Education  Universitas PGRI Semarang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.