PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN TPSW BERBASIS HYBRID-LEARNING MATERI SISTEM SIRKULASI

Dyah Ayu Puspitorini, Dyah Rini Indriyanti, Tyas Agung Pribadi, Lutfia Nur Hardiyanti

Abstract


Keterbatasan waktu di akhir semester menyebabkan penyampaian materi sistem sirkulasi kurang maksimal, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan TPSW (Think-Pair-Share-Write) berbasis Hybrid Learning terhadap hasil belajar kognitif. Rancangan penelitian berupa quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Hasil belajar kognitif diukur dengan menggunakan tes pilihan ganda melalui pretest dan posttest. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif. Nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 71,61 dan kelas eksperimen sebesar 81,25. Hasil analisis uji t posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan signifikan pada kedua kelas. Hasil analisis uji t N-gain antara kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan adanya perbedaan signifikan nilai N-gain pada kedua kelas (p<0,05). Terdapat hubungan kuat antara hasil belajar kognitif dan keterampilan metakognitif (r=0,83). Model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif keterbatasan waktu tatap muka di kelas dan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. 

 

Key words: think-pair-share-write, hybrid learning, hasil belajar kognitif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v9i1.6033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed by:

 


Web
Analytics View My Stats



Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi by Biology Education  Universitas PGRI Semarang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.