MODEL PEMBELAJARAN BIOREPRODUKSI NEWS-BASED SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN BIOLOGI

Nadiyal Muthwa, Andreas Priyono Budi Prasetyo, Margareta Rahayuningsih

Abstract


Bioreproduksi News-based merupakan model pembelajaran pada materi sistem reproduksi yang memanfaatkan berita sebagai sumber belajar. Topik bioreproduksi menarik bagi siswa namun pembelajarannya cenderung satu arah dan belum berfokus pada dampak kelainan, penyimpangan dan penyakit yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Bioreproduksi News-based dengan kriteria layak dan efektif diterapkan pada pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validitas silabus oleh ahli pendidikan dan guru Biologi sebesar 93% dengan kriteria sangat valid, validitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 94% dengan kriteria sangat valid, validitas Lembar Diskusi (LDS) sebesar 93% dengan kriteria sangat valid dan validitas model pembelajaran sebesar 94% dengan kriteria sangat valid. Tanggapan guru dan siswa mendapat kriteria sangat dapat diterapkan. Hasil belajar kognitif siswa kelas XII MIA 3 dan XII MIA 4 didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 79,1%. Nilai N-gain kedua kelas sebesar 0,5 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bioreproduksi news-based yang dikembangkan telah layak dan efektif diterapkan pada pembelajaran.

 

Kata Kunci : Hasil belajar, Model pembelajaran, News-based Bioreproduksi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v9i1.6035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed by:

 


Web
Analytics View My Stats



Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi by Biology Education  Universitas PGRI Semarang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.