Perbandingan metakognitif pada peserta didik yang tinggal di asrama dan non asrama pada pembelajaran biologi

Abdul Aziz Habibi, Romy Faisal Mustofa, Ryan Ardiansyah

Abstract


ABSTRAK

Hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh komponen metakognitif dan juga lingkungan sekitar. Peserta didik MAN 1 Tasikmalaya tergolong menjadi 2 kelompok yaitu yang tinggal di asrama dan non asrama. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan metakognitif antara peserta didik yang tinggal di asrama dan di non asrama. Metode penelitian berupa kausal komparatif dengan purposive sampling. Sampel berupa masing-masing 29 peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Tes dilakukan dengan Metacognitive Awareness Inventory. Data dianalisis menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov untuk mengetahui normalitas data, dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan Levene Test dan Uji t untuk mengetahui perbandingan antara kedua data tersebut. Skor rata-rata metakognitif peserta didik asrama sebesar 91,96% sedangkan untuk peserta didik non asrama sebesar 88,1%. Data menunjukkan adanya perbedaan metakognitif antara peserta didik yang tinggal di asrama dan non asrama.

 

Kata kunci: asrama; metakognitif; non asrama; perbandingan

 

ABSTRACT

Metacognitive comparisons of students living in dormitories and non- dormitories in learning biology

The learning outcomes of a student are influenced not only by the metacognitive components they have but also by the surrounding environment. The students of MAN 1 Tasikmalaya can be classified into two groups, who live in dormitories and in non-dormitories. This study aims to determine the metacognitive differences between students who live in dormitories and non-dormitories. The method used is causal-comparative with a purposive sampling technique and obtained 29 students each in XI MIPA 1 and XI MIPA 2 as samples. The test was conducted with Metacognitive Awareness Inventory. The data were analyzed with Kolmogorov-Smirnov,, the homogeneity test using the Levene test, and the t test to determine the comparasion between two data. The average metacognitive score for boarding students was 91.96%, while for non-boarding students was 88.1%. That data showed there are metacognitive differences between students in dormitories and non-dormitories.

 

Keywords: boarding; comparison; metacognitive; non-boarding


Full Text:

PDF

References


Adhitama, R. S., Kusnadi, & Supriatno, B. (2018). Kesadaran metakognitif siswa dalam pembelajaran berbasis proyek pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 39–45. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i1.11455

Afwan, B. (2017). Perbandingan hasil belajar antara siswa yang tinggal di asrama dengan siswa yang tinggal di rumah orang tua pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA Al-Kautsar Bandar Lampung T.A 2015/2016. (Skripsi, Universitas Lampung). Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/26047/

Arif, S. (2011). Budaya belajar siswa pada sekolah unggul di SMA Negeri 1 Pamekasan. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 8(2), 183-202. http://dx.doi.org/10.19105/nuansa.v8i2.12

Fauziah, A. Husna, A. P. S., Dewantari, R., Wulandari, A. D. & Prayitno, B. A. (2018). Profil kesadaran metakognisi siswa di salah satu SMA swasta di Sragen. BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 3(1). https://doi.org/10.23969/biosfer.v3i2.975

Follmer, D. J. & Clariana, R. (2020). Predictors of adults' metacognitive monitoring ability: The roles of task and item characteristics. The Journal of Experimental Education, 1-24. https://doi.org/10.1080/00220973.2020. 1783193

Goupil, L. & Kouider, S. (2019). Developing a reflective mind: From core metacognition to explicit self-reflection. Association for Psychological Science, 1-6. https://doi.org/10.1177/0963721419848672

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran sains di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3

Kuvac, M. & Koc, I. (2018). The effect of problem-based learning on the metacognitive awareness of pre-service science teachers. Educational Studies, 45(5), 1-25. https://doi.org/10.1080/03055698.2018.1509783

Moshman, D. (2018). Metacognitive theories revisited. Educational Psychology Review, 30, 599-606. https://doi.org/10.1007/s10648-017-9413-7

Mustofa, R. F., Corebima, A. D., Suarsini, E., & Saptasari, M. (2018). The correlation between generic skills and metacognitive skills of biology education students in Tasikmalaya Indonesia through problem-based learning model. The Journal of Social Sciences Research, 5(Special Issue 5), 662–67. https://doi.org/10.32861/jssr.spi5.662.667

Puspitasari, K. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Kawan Sebaya Terhadap Regulasi Diri Dalam Belajar Siswa Sekolah Berasrama (Boarding School).

Pyanto, Farino, Jabar, M., & Harmen, Z. (2015). Perbedaan kebiasaan belajar dasar-dasar gambar teknik antara siswa program keahlian teknik gambar bangunan SMKN 1 Sumatera Barat yang tinggal di asrama dengan yang tidak tinggal di asrama. Journal of Civil Engineering and Vocation Education, 3(1), 502-510. https://doi.org/10.24036/cived.v3i1.4399

Renat, Epriani, S., Novriyanti, E., & Armen. (2017). Pengembangan modul dilengkapi peta konsep dan gambar pada materi keanekaragaman makhluk hidup untuk siswa kelas VII SMP. Bioeducation Journal, 1(1) 95–109. https://doi.org/10.24036/bioedu.v1i1.35

Sanjaya, I. (2012). Pengukuran kualitas layanan website kementerian kominfo dengan menggunakan webqual 4.0. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM, 14(1), 1-14. https://www.academia.edu/5014124/Jurnal_Penelitian_IPTEK-KOM/

Shadiev, R., Wu, T. T, & Huang, Y. M. (2017). Enhancing learning performence, attention, and meditation using a speech-to-text recognition application: Evidence from multiple data sources. Interactive Learning Environments, 25(2), 1-14. https://doi.org/10.1080/10494820.2016.1276079

Sukardi, M. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Edited by R. Damayanti. Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suratno. (2011). Kemampuan metakognisi dengan metacognitive awareness inventory (MAI) pada pembelajaran biologi SMA dengan strategi jigsaw, reciprocal teaching (RT), dan gabungan Jigsaw-RT. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1), 11–18. https://www.e-jurnal.com/2016/05/kemampuan-metakognisi-dengan.html




DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v10i1.6291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed by:

 


Web
Analytics View My Stats



Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi by Biology Education  Universitas PGRI Semarang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.