Penerapan model pembelajaran group investigation terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa materi sistem ekskresi pada manusia

Erna Setriana Bokimnasi, Nonci Melinda Uki, Markus Oktovianus Here Bire

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar IPA di SMPN 1 Amanuban Barat kelas VIII. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII SMPN 1 Amanuban Barat. Subyek penelitian adalah 18 siswa kelas VIIIA, terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan. Desain penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Berdasarkan hasil pretest, siswa memiliki aktivitas dan prestasi belajar yang belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70, setelah penerapan model pembelajaran group investigation, aktivitas dan prestasi belajar siswa meningkat. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa 88,5 dan nilai rata-rata prestasi belajar siswa 82. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa VIIIA SMPN 1 Amanuban Barat.

 

Kata kunci: Amanuban Barat; group investigation; model pembelajaran

 

ABSTRACT

The use of group investigation for students learning activities and achievements in learning human excretory system for grade eight students.

The background of this study is the low activity and achievement of students in Science at grade VIII SMPN 1 Amanuban Barat. The aim of this study is to identify the improvement of students activity and learning achievement by applying group investigation learning model in human exretion system. The subject of this study were students of grade VIIIA which are 18 students with 8 boys and 10 girls. The design used was one group pretest-posttest. Based on pretest observation, the students learning achievement were low and after applying group investigation learning model, the learning achievement was improved. The result of the study showed that the students average learning activity was 88,5 and learning achievement grade was 82. It showed that group investigation learning model could improve students learning activity and learning achievement.

 

Keywords: Amanuban Barat; group investigation;learning model


Full Text:

PDF

References


Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan penguasaan konsep biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan guided inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar MIPA, 8(1), 19-23. http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v13i1.466

Aryana, I. M. P. (2019). Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61-72. http://ejournal.ihdn.ac.id/index. php/AW

Danarwati, Y. S. (2013). Manajemen pembelajaran dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 6(13), 1-18. http://www.stia-asmisolo.ac.id/jurnal/index.php/jmbb/article/view/21/19

Herlina, M., Rahayu, I. Y., & Wiksya, D. (2019). Pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap berpikir kritis dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPA Biologi kelas X SMAN 2 Argamakmur. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 142-152. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.142-152

Husna, N. (2021). Penerapan pendekatan kontekstual menggunakan model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi bioteknologi dan produksi pangan siswa kelas IX-9 MTsN 5 Pidie. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi, 2(1), 11-20. https://doi.org/10.32672/ jp2v.v2i1.2762

Juwariyah, S. (2018). Peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif group investigation. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 125-139. https://doi.org/10.14421/jpm. 2018.31-11

Latipah, E. (2015). Strategi self regulated learning dan prestasi belajar: Kajian meta analisis. Jurnal Psikologi, 37(1), 110–129. https://doi.org/10.22146/ jpsi.7696

Lawalata, E. S., Smith, A., & Liline, S. (2019). Perbedaan hasil belajar IPA Biologi menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan group investigation (GI). Biopendix: Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan, 6(1), 12-20. https://doi.org/10.30598/biopendixvol6issue1page12-20

Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan open-ended terhadap lemampuan metakognitif siswa: Alternatif pembelajaran di kurikulum 2013. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 5(2), 93-106. https://doi.org/10.36835/ attalim.v5i2.263

Mu’minah, I. H. (2017). Uji coba penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tim games tournament pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas XI IPA MAN Tasikmalaya. Bioeduscience, 1(1), 6-10. https://doi.org/10.29405/j.bes/1106-101080

Rozi, R. F., Harmoko, & Teresa, F. L. (2018). Pengaruh model cooperative script terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1(1), 23-33. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i1.256

Sulistiyo. (2019). Upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada bidang studi biologi melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 121-130. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7589

Sugiharta, S. (2019). Upaya meningkatkan prestasi belajar biologi dengan strategi pembelajaran ekspostri. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1-6. http://ejournal.smkn1sookomojokerto.sch.id/index.php/jip/article/view/1/1

Sundayana. (2016). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Urwani, A. N., Ramli, M., & Ariyanto, J. (2018). Analisis dominasi komunikasi scientific pada pembelajaran biologi sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 181-190. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21465

Widodo & Widayanti, L. (2013). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode problem based learning pada siswa kelas VIIA MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32-35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410




DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v10i1.6674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed by:

 


Web
Analytics View My Stats



Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi by Biology Education  Universitas PGRI Semarang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.