AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM SIRKULASI MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI SMAN 1 KARANGRAYUNG

Anggun Saraswati, Nugroho Edi Kartijono, Partaya Partaya

Abstract


Observasi awal di SMA Negeri 1 Karangrayung diketahui pembelajaran yang dilakukan dengan cara presentasi dan diskusi yang dilakukan oleh siswa, namun penguasaan terhadap konsep materi masih kurang. Hasil belajar siswa pada materi sistem sirkulasi menunjukkan hanya 47% siswa belum mencapai KKM. Salah satu upaya yang dapat diterapkan untuk mengatasi kendala tersebut adalah menerapkan model Pembelajaran Think, Pair, Share. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah mengikuti  pembelajaran dengan model Think, Pair, Share. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Karangrayung tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 4 kelas. Sampel ditentukan secara purposive, menggunakan dua kelas dengan tingkat aktivitas dan hasil belajar siswa yang relatif lebih rendah diantara kelas yang ada dan ditentukan oleh guru. Hasil observasi aktivitas siswa pada kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 berturut- turut mencapai kriteria kategori aktif dan sangat aktif pada saat pembelajaran. Hasil belajar pada kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 berturut-turut menunjukkan kategori sangat baik dan baik dengan ketuntasan klasikal secara berturut-turut mencapai 94,44% dan 97,14%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran sistem sirkulasi yang diterapkan dapat menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran dengan hasil belajar  yang memuaskan.

Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Think Pair Share, Sistem sirkulasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v9i2.7055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed by:

 


Web
Analytics View My Stats



Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi by Biology Education  Universitas PGRI Semarang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.