EFEKTIVITAS EDMODO DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM JARINGAN TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 4 MAGELANG

Erna Setyana, Krispinus Kedati Pukan, Ely Rudyatmi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penggunaan media Edmodo dalam pembelajaran materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Magelang. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar kognitif dianalisis ketuntasan klasikal dan diuji t. Hasil belajar afektif, psikomotor dan tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil tersebut diperkuat dengan pencapaian ketuntasan klasikal kelompok eksperimen sebesar 87,50% sedangkan kelompok kontrol hanya 21,88%. Ketercapaian hasil belajar afektif dan psikomotor kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen ketercapaian hasil belajar afektif dan psikomotor telah mencapai >80% yaitu 100% siswa sikapnya baik-sangat baik dan 93,75% siswa terampil-sangat terampil. Tanggapan siswa terhadap Edmodo sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Edmodo efektif digunakan dalam pembelajaran praktikum struktur jaringan tumbuhan di SMA Negeri 4 Magelang.

 

Kata kunci : edmodo, hasil belajar, praktikum, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v9i2.7059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed by:

 


Web
Analytics View My Stats



Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi by Biology Education  Universitas PGRI Semarang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.