Pengaruh media pocket book terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep Protista

Purwati Kuswarini Suprapto, Selawati Hidayat, Vita Meylani

Abstract


ABSTRAK

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen proses pembelajaran yang memiliki peran penting dalam mencapai hasil belajar. Media pembelajaran telah banyak dikembangkan baik dalam berbagai bentuk diantaranya pocket book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pocket book terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep protista kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan November 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya sebanyak 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol, yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari satu instrumen yang sudah tervalidasi yaitu tes hasil belajar berupa soal pilihan majemuk sebanyak 33 soal. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (5.50 > 1.96). Selain itu, N-gain hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol (0.77 > 0.66). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pocket book terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep protista di kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki kontribusi terhadap perkembangan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar.

 

Kata kunci: hasil belajar; Protista; pocket book

 

ABSTRACT

The effect of pocket book media on students' learning outcomes on the concept of Protist. Learning media is one component of the learning process that has an important role in achieving learning outcomes. Learning media has been developed in various forms, including pocket books. This study aims to determine the effect of pocket book media on student learning outcomes on the concept of protist class X MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya City. This research was conducted from August 2019 to November 2019. The research method used was true experimental. The population in this study was the entire class X MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya as many as 7 classes. The sample in this study was class X MIPA 1 as the experimental class and students in class X MIPA 3 as the control class, which were taken using cluster random sampling technique. The research instrument used consisted of one instrument that had been validated, namely the learning outcome test in the form of 33 multiple-choice questions. The data processing and analysis technique used is the t test. The results of data analysis showed that the tcount value was greater than the ttable value (5.50 > 1.96). In addition, the N-gain of experimental class learning outcomes is greater than that of the control class (0.77 > 0.66). So it can be concluded that there is an effect of pocket book media on student learning outcomes on the concept of protists in class X MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya City in the 2019 academic year 2019/2020.

 

Keywords: learning outcomes; Protists; pocket book


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Asryad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Indrasari, N. I., Ningsih, K., & Titin. (2018). Pengaruh model make a match disertai pocket book terhadap hasil belajar sub materi Bryophyta. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23934/18770

Khumaidi, A., & Sucahyo, I. (2018). Pengembangan mobile pocket book fisika sebagai media pembelajaran berbasis android pada materi momentum dan impuls. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 154–158.

Larasyati, K. K., Fatmaryanti, S. D., & Hakim, Y. Al. (2020). Pengembangan pocket book of physics (PBOP) berbasis android sebagai media pembelajaran fisika. JIPS: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 1(2), 68–72. https://doi.org/10.37729/jips.v1i2.797

Mikraj, A., Utami, L. S., & Zulkarnain. (2019). Pengaruh buletin fisika berbentuk buku saku untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 2 BIMA Kelas X materi Hukum Newton Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.894

Mukminah, M., Sukroyanti, B. A., & Fuaddunazmi, M. (2015). Pengaruh penggunaan pocket book siswa dengan teknik evaluasi media puzzle ceria terhadap aktivitas dan hasil belajar. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 3(2), 288. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v3i2.383

Pramika, D., & Widalismana, M. (2018). Buku saku sebagai media pembelajaran matematika ekonomi di Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 6(2), 1-undefined. https://www.ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/

ekonomi/article/view/1685

Setiawan, A. (2019). Merancang media pembelajaran PAI di Sekolah. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 223-240.https://stitdukotabaru.ac.id/ejournal/index.php/darululum/article/view/39

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta.

Sulistyani, N. H. D., Jamzuri, & Rahardjo, D. T. (2013). Perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pocket book dan tanpa pocket book. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 164–172. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/29364

Surwantini, E. (2015). Efektivitas penggunaan media visual terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas III SD Gugus 01 Imogiri, Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2), 54–67. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/8273/6907

Umayah, S., Haryani, S., Sumarni, W., & Semarang, U. N. (2013). Pengembangan kartu bergambar tiga dimensi sebagai media diskusi kelompok pada pembelajaran IPA terpadu tema kehidupan. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(2), 282–287. https://doi.org/10.15294/usej.v2i2.2037

Wati, M., Misbah, & Rahmah, A. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran buku saku terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional, 504–507. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/kajian_akuntansi/article/view/2615%0Ahttp://scholar.unand.ac.id/60566/

Yaumi, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Media Group.

Yudasmara, G. A., & Purnami, D. (2015). Pengembangan media pembelajaran interakif biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48(1-3). http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6923




DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.8695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed by:

 


Web
Analytics View My Stats



Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi by Biology Education  Universitas PGRI Semarang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.