PENGEMBANGAN BUKU AJAR EKONOMI TRANSPORTASI UDARA

Aditya Dewantari, Rezty Fauziah Novianty Z

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Ekonomi Transportasi Udara guna meningkatkan kualitas pembelajaran pada Program Studi Manajemen Transportasi Udara. Pengembangan Buku ajar ini diharapkan dapat menjadi referensi utama bagi mahasiswa dalam memahami konsep ekonomi yang diterapkan dalam industri transportasi udara. Dalam penelitian ini selain melibatkan dosen dengan multidisiplin bidang ilmu, juga melibatkan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode  Research and Development yang berfokus pada penghasilan produk melalui lima tahapan yakni: tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap evaluasi, tahap revisi, dan tahap implementasi. Pengembanggan buku ajar ini disesuaikan dengan kebutuhan dosen dan mahasiswa. Selain itu validasi kepada ahli materi dan ahli media juga dilakukan dan mendapatkan hasil valid. Begitu juga dengan uji coba yang dilakukan kepada 30 mahasiswa juga mendapatkan hasil valid. Buku ajar ini juga telah diuji dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang dilihat dari nilai pretest dan posttest setelah menggunakan buku ajar ini. Dapat disimpulkan dari hasil pengujian-pengujian yang telah dilakukan bahwa buku ajar yang dikembangkan efektif dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah pengantar ekonomi secara lebih sistematis, kontekstual, dan aplikatif sehingga dapat mempermudah mahasiswa untuk memahami materi ekonomi dan pengaplikasiannya dalam manajerial transportasi udara secara sederhana.

Kata Kunci: Buku Ajar, Ekonomi Manajerial, Transportasi Udara


Full Text:

PDF

References


Afriani, R., Mutmainnah, M., & Sunarni, N. (2025). Understanding the design of research and development methods in the field of education. International Journal of Education, Social Sciences and Humanities, 5(1), 20–31. https://ejournal.aissrd.org/index.php/ijess/article/view/333

Ahmad, M. F., Jabar, M. A., & Yunos, M. Y. M. (2019). Designing industry-relevant teaching materials for engineering education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 14(20), 4–12. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i20.11474

Borg, & Gall. (1983). Education Research: An Intorduction. In: New York Longman.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Feongkeaw, P. (2023). Curriculum Design and Development in Aviation Education: A Conceptual Framework. Journal of Research and Curriculum Development, 15(2), 113–126. https://so03.tci-thaijo.org/index.php/jrcd/article/view/270276

Gracin, Glasnovic, D. (2018). Rwquirements In Mathematics Textbooks: A Five-Dimensional Analysis Of Textbook Excercises And Examples. IInternational Journal Of Mathematical Education In Science And Technology, 49(7), 1003-1024.

Graves, K. (2000). Designing Language Courses: A Guide for Teachers. Heinle & Heinle.

Gustiani, S. (2019). Research and development (R&D) method as a model design in educational research and its alternatives. Holistics Journal, 11(2), 29–40. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/365669215_Research_And_Development_Rd_Method_As_A_Model_Design_In_Educational_Research_And_Its_Alternatives

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 3(2): 139-144.

Johnson, E.B. (2002). Contextual teaching and learning: What it is and why it’s here to stay. Corwin Press.

Listiawan, T. (2016). Pengembangan Learning Management System (Lms) Di Program Studi Pendidikan Matematika Stkip Pgri Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Informatika, 1(1), 14–22.

Okpatrioka. (2023). Research and Development (R&D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, I(1), 86-100.

Qondias, D., Winarta, I. K. A., & Siswanto, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 145-148. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17393

Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Plomp, T., & Nieveen, N. (Eds.). (2015). Educational design research – Part A: An Intoruction. Enschede: SLO.

Riswandi, D., & Mufidah, N. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Inobasi Pendidikan, 6(2), 145-154. https://doi.org/10.2.1009/jip.v6i2.21234

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Tomlinson, B. (2003). Developing materials for language teaching. London: Continuum.

Trimmer, W., & Hawes, P. (2015). Context based learning. Dalam P. Blessinger & J. Carfora (Eds.), Inquiry based learning for STEM Program. Emerald.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. (2012). Retrieved 4 6, 2017, from Portal Mahkamah Konstitusi: https://portal.mahkamahkonstitusi.go.id/eLaw/mg58ufsc89hrsg/1f32ffaa83 555e001038d1e0cda7b281849acef2d.pdf




DOI: https://doi.org/10.26877/ep.v10i1.22672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi

INDEXED BY:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.