Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Berbantuan Media Bolpin Pada Materi Perkalian Kelas 2 di SDN Tambakrejo 01

Mariska Andriani Darmawan, Khusnul Fajriyah, Henry Januar Saputra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi operasi bilangan kelas 2 di SDN Tambakrejo 01 melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Bolpin. Subjek dan lokasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas 2 tahun pelajaran 2023/2024 di SDN Tambakrejo 01. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Bolpin dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi operasi bilangan kelas 2 di SDN Tambakrejo 01 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik pada pra siklus 32% dengan kategori kurang baik, untuk rata-rata siklus I yaitu 67% dengan kategori cukup dan siklus II yaitu 85% dengan kategori baik.


Keywords


hasil belajar, pbl, bolpin, perkalian

References


Adhar, L. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2).

Afidah, & Khairunnisa. (2016). Matematika Dasar. PT Grafindo Persada.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 353–361.

Ariyanti. (2015). Media Kelereng Untuk Mengembangkan Kemampuan Berhitung Pada Anak. Kresna Bina Insan Prima.

Asri, K. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Statistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(4), 58–65.

Attalina, S. N. C., & Irfana, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Dengan Menerapkan Model Pbl (Problem Based Learning) Berbantuan Media Pembelajaran Tolkama (Botol Perkalian Matematika) Pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(2), 210–219.

Azmi, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas VIII-7 SMPN 1 Pringgasela. Jurnal Pendidikan dan Sains, 1(I), 138–148.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Matematika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78.

Fauzah, I. (2022). Implementasi Alat Permainan Edukatif Tutup Botol Pintar Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Kelompok B Dira Ad-Dzikir Sumenep Madura Tahun Pelajaran 2021/2022. Universitas Islam Negeri Kiat Haji Achmad Siddiq.

Hidayat, A. (2017). Penggunaan Strategi Mencari Jawaban untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 030 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 88–99.

Khoirunisa, S. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian dengan Penggunaan Alat Peraga Montessori. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 5(2), 249–262.

Lestari, I. A. P. S. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tumbu Karangasem. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 58–66.

Mahmudah, M. (2016). 58359-ID-urgensi-diantara-dualisme-metode-pembela. Cakrawala, XI(1), 116–129.

Nasihah, K., Sukamto, Windyati, & Rini, A. S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian melalui Model PBL Berbantuan Media Konkret “ PANPINPAN †Peserta Didik Kelas III C SD Islam Al Madina. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, November, 1752–1761.

Novitasari, K. A., Januar, H., Suneki, S., & Tunjungsari, D. R. (2023). Media Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1500–1506.

Putra, A. P. (2015). Pengaruh Penerapan Model Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Candrasangkala, 1(1), 1–14.

Sapriyah. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.

Sidiq, S. M., & Setyawan, D. (2016). Penerapan Metode Permainan Dengan Menggunakan Media Tutup Botol Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II MIS Miftahul Huda 1 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2015/2016. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 26–30.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (24 ed.). Alfabeta.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46.

Wati, E. E., & Purwanti, K. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Penggunaan Media Tutup Botol Pada Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 29–42.

Widiastutik, D., Fajriyah, K., Purnamasari, V., & Raharjo, S. (2023). Penerapan Model PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4090–4096.

Yuliani, R. E., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2019). Analysis of mathematics anxiety of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4).

Zumrotun, E., Nichla, S., & Attalina, C. (2020). Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Matematika Meningkatkan Hasil Belajar Matematik. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 499–507.




DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v5i2.20938

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.26877/ijes.v5i2.20938.g10600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.