KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTU MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS III SDN BABALAN PATI
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini adalah siswa kurang memahami materi yang sudah dijelaskan oleh guru, penggunaan media pembelajaran yang masih kurang, siswa kurang antusias saat proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran, saat proses pembelajaran belum ada menggunakan model dan media pembelajaran yang inovatif, sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran PBL berbantu media Monopoli efektif terhadap hasil belajar IPAS materi energi dan perubahannya kelas III SDN Babalan Pati. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain Pre Eksperimental design bentuk one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data pada penelitian melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata pretest sebesar 69,3 dan rata-rata posttest sebesar 89,3 . Berdasarkan hasil uji t dengan df = N-1 = 15-1 = 14 dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung 8,013 dan ttabel 2,144. Ketuntasan belajar klasikal siswa kelas III yaitu sebesar 93,3%. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara nilai pretest dan posttest, artinya model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Monopoli efektif terhadap hasil belajar IPAS materi energi dan perubahannya kelas III SDN Babalan Pati.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rahmadani, dkk. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Media Monopoli Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Citra Bakti, 10(1), 127-141.
Sanaky, H. AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Silvia, A. D., Huda, C., Arisyanto, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Learning Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Subtema 1 Kelas 5 SD Negeri 3 Penadaran. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1),75-86.
Virgiana, A., Wasitohadi. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong. Scholaria, 6(2), 100-118. Diakses 19 Agustus 2024.
Wahab, G., Rosnawati. 2021. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v5i2.20942
DOI (PDF): https://doi.org/10.26877/ijes.v5i2.20942.g10601
Refbacks
- There are currently no refbacks.



