Analisis Penggunaan Metode Fonik dalam Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2A SD Palebon 01 Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi metode fonik dalam pembelajaran membaca serta membandingkan kemampuan membaca siswa kelas 2A SD Negeri Palebon 01 Semarang sebelum dan sesudah penerapan metode tersebut. Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi siswa sekolah dasar, karena menjadi fondasi dalam memahami berbagai pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes membaca, dan dokumentasi. Penilaian kemampuan membaca dilakukan berdasarkan empat aspek, yaitu ketepatan, intonasi, kelancaran, dan pemahaman. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi sebagai keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode fonik memberikan kontribusi positif terhadap keterampilan membaca siswa. Siswa menjadi lebih cepat dalam mengenali huruf dan bunyinya, serta lebih lancar dalam membaca kata dan kalimat. Pembelajaran dengan metode fonik juga meningkatkan antusiasme dan keterlibatan siswa, terutama saat menggunakan media lagu fonik. Selain itu, hasil perbandingan antara tes awal dan tes akhir menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan kemampuan membaca, baik secara teknis maupun pemahaman isi bacaan. Meskipun demikian, beberapa siswa tetap memerlukan pendampingan tambahan agar mencapai hasil maksimal.
Keywords
Metode Fonik, Kemampuan Membaca, Siswa Sekolah Dasar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.26877/ijes.v5i2.23647
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.26877/ijes.v5i2.23647.g10573
Refbacks
- There are currently no refbacks.



