Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Pada Matakuliah Renang Program Studi Pendidikan Olahraga
Abstract
The main purpose of this study is to determine the magnitude of the influence and effectiveness of learning using google classroom which is used during online learning in swimming courses. This type of research was chosen using descriptive quantitative research to describe in more detail. A total of 25 students of the sports education study program were taken without exception as a saturated sample. Utilization of google form is used to collect questionnaire data to be distributed to research subjects. Then the data were analyzed by descriptive statistics. The results in this study found that the indicator of ease of understanding the material got an average score of 19. The indicator of flexibility in learning time got an average score of 22. The indicator of clarity of instruction and learning achievement got an average score of 15. The conclusions of this research are: indicators of ease of understanding the material is at a fairly effective level by using google classroom, indicators of flexibility in learning time are at an effective level by using google classroom and clarity of instructions and learning achievement are at an ineffective level by using google classroom. Suggestions from the research that has been done is to add learning innovation instead of only using one type of media in order to improve student learning outcomes in swimming courses.
Keywords: google classroom, swimming courses
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh dan keefektifan pembelajaran menggunakan google classroom yang digunakan selama pembelajaran daring pada matakuliah renang. Jenis penelitian dipilih menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif untuk menggambarkan dengan lebih rinci. Sebanyak 25 mahasiswa prodi pendidikan olahraga diambil tanpa terkecuali sebagai sampel jenuh. Pemanfaatan google form digunakan untuk mengumpulkan data angket yang akan dibagikan pada subjek penelitian. Kemudian data dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil pada penelitian ini ditemukan indikator kemudahan memahami materi mendapat rata-rata skor 19. Indikator keluwesan waktu belajar mendapat rata-rata skor 22. Indikator kejelasan instruksi dan ketercapaian pembelajaran mendapat rata-rata skor 15. Kesimpulan dari peneltian ini adalah: indikator kemudahan memahami materi berada pada tingkatan cukup efektif dengan menggunakan google classroom, indikator keluwesan waktu belajar berada pada tingkatan efektif dengan menggunakan google classroom dan kejelasan instruksi dan ketercapaian pembelajaran berada pada tingkat tidak efektif dengan menggunakan google classroom. Saran dari penelitian yang sudah dilakukan ini adalah untuk menambah inovasi pembelajaran alih-alih hanya menggunakan satu jenis media agar dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah renang.
Kata kunci: kelas google. matakuliah renang
Keywords
Full Text:
PDF (bahasa)References
Afrianti, W. E. (2018). PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI ( Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia ) SKRIPSI Oleh : Nama : Wahyuni Eka Afrianti FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA. 1–122. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6173
Akpan, S. J., Etim, P. J., & Ogechi, U. S. (2016). Virtual Classroom Instruction and Academic Performance of Educational Technology Students in Distance Education, Enugu State. World Journal of Education, 6(6), 83. https://doi.org/10.5430/wje.v6n6p83
Al-Arimi, A. M. A.-K. (2014). Distance Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 82–88.
Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66.
Bachtiar, B., Putri, A. P., & Maulana, F. (2021). Survei Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui E-Learning Siswa Smk Negeri Kota Sukabumi. Jendela Olahraga, 6(1), 17–27. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6293
Barus, J. B. N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata kuliah Atletik Lanjutan. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.466
Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Frey, B.A & Sutton, J. M. (2010). A Model Developing Multimedia Learning Project. Merlot Journal Of Online Learning and Teaching., 6(2).
Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1).
Kurniawan, H. (2016). Efektifitas Pembelajaran Problem Solving Dan Investigasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Berbantuan Google Classroom. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 2(1), 56–67.
Maulana, F., Ningtyas, G. S., & Nugraheni, W. (2021). Survei Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Via Sistem Pembelajaran Daring Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukabumi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jendela Olahraga, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6252
Oktadinata, A., Mardian, R., & Maryadi, W. (2017). Analisis Keterampilan Renang Gaya Bebas Mahasiswa Putri Mata Kuliah Renang 1 FIK-UNJA. JOURNAL PHYSICAL EDUCATION, HEALTH AND RECREATION, 1(2), 1–12.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV. Sarnu Untung.
Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektivitas media pembelajaran daring melalui google classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119–135. http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/5135/
William, J. H. (2014). Re Constructing Memory: Scool Texbooks and The Imagination of The Nation. The George Washington University.
Yuliani, M. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis. Yayasan Kita Menulis.
Zahrah, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan google classroom pada mata pelajaran matematika di SMA. 12(2), 279–286.
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.10473
Refbacks
- There are currently no refbacks.