Pelatihan Bola Tangan melalui Pendekatan Long Term Athlete Development

Muhlisin Muhlisin, Rian Kurniawan, Putri Ardiana, Rendi Ardyansyah, Tohir Tohir

Abstract


Peningkatan kompetensi pelatih bola tangan yang ada selama ini masih belum dilaksanakan dengan baik dan masih terkesan seadanya tanpa menggunakan kajian dan pendekatan ilmu keolahragaan (Sport Science). Pengabdian ini dilakukan bertujuan untuk melaksanakan pelatihan menggunakan pendekatan Sport Science yaitu prinsip Long term athlete development . Pelatihan dilakukan menggunakan metode pelatihan (Course) menggunakan kurikulum pelatihan bola tangan. Peserta pelatihan sebanyak 55 peserta terdiri dari Atlet 18 peserta dan guru PJOK 37 peserta.  Instrumen menggunakan instumen Pre Test dan Pos Test Analisis data menggunakan prosentase tingkat ketuntasan meliputi pengetahuan dan Keterampilan. Hasil pengabdian menunjukkan terjadi peningkatan dari aspek pengetahuan (pengetahuan bola tangan, metode latihan dan LTAD) serta aspek keterampilan meliputi aspek kemampuan teknik dasar dan kemampuan menyusun program latihan. Kesimpulan program ini adalah terjadi peningkatkan komponen pengetahuan, meliputi : mengetahui bola tangan, mengetahui metode latihan bola tangan, memahami pendekatan Long Term Athete Development (LTAD) dan komponen keterampilan, meliputi : menguasai teknik dasar, metode bola tangan dan memiliki kemampuan melatih menggunakan metode pendekatan Long term athlete development  yang meningkatkan kualitas pelatih bola tangan dari unsur guru di Kabupaten Kendal.


Keywords


handball, LTAD, Pelatih, Pelatihan

Full Text:

PDF (bahasa)

References


ABTI, A. (2021). Laporan Kerja Tahun 2021 Pengprov ABTI Jawa Tengah. Materi Rapat Kerja Provinsi Jawa Tengah.

Balyi, I. (2001). Sport System Building and Long-term Athlete Development in British Columbia. Development, 1–16. http://iceskatingresources.org/SportsSystemDevelopment.pdf

Balyi, I., Way, R., & Higgs, C. (2013). Long-term athlete development. Human Kinetics.

Carlsson, A. (2021). Long-Term Development. In Becoming a Better Sports Coach. https://doi.org/10.4324/9781003195153-8

Demiral, S. (2018). LTAD Model Active Beginning Stage Adaptation in Judo Basic Education Program (Ukemi, Tachiwaza & Newaza Basic Drills) for 4-6 Aged Kids. Journal of Education and Training Studies, 6(12a), 1. https://doi.org/10.11114/jets.v6i12a.3715

Desportivo, A. R. (2013). The Long Term Development of Basketball Athletes: An approach based on the conceptions of expert coaches on international models of basketball development. 1–130.

Ford, P., de Ste Croix, M., Lloyd, R., Meyers, R., Moosavi, M., Oliver, J., Till, K., & Williams, C. (2011). The Long-Term Athlete Development model: Physiological evidence and application. Journal of Sports Sciences, 29(4), 389–402. https://doi.org/10.1080/02640414.2010.536849

Gordon, R. (2004). A shorter guide to Long Term Athlete Development (LTAD). Amateur Swimming Association, 1–7.

Gulbin, J. P., Croser, M. J., Morley, E. J., & Weissensteiner, J. R. (2013). An integrated framework for the optimisation of sport and athlete development: A practitioner approach. Journal of Sports Sciences, 31(12), 1319–1331. https://doi.org/10.1080/02640414.2013.781661

Higgs, C., Cairney, J., Jurbala, P., Dudley, D., Way, R., Mitchell, D., Grove, J., Verbeek, M., Carey, A., Ross-Mcmanus, H., Jagger, L., Naylor, P. J., Laing, T., Stoddart, A., Wilson, A., Hindle, A., & Humbert, L. (2019). Developing Physical Literacy: Building a New Normal for All Canadians. https://sportforlife.ca/wp-content/uploads/2019/09/DPL-2_EN_web_November_2019-1.pdf

Muhlisin, J. P. A. (2016). Metode & Dasar-dasar Handball (Basic & Method Handball) (1st ed.). CV Presisi Cipta Media.

Raleigh, V. (2011). Long term development in Swimming. 1–11. https://www.saintsswimming.com.au/site/user-assets/docs/long-term-swimming-development-model.pdf

Rohman, U. (2018). Profil Kompetensi Pelatih Sepakbola Usia Dini. Journal Sport Area, 3(2), 179. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(2).2161

Varghese, M., Ruparell, S., & LaBella, C. (2022). Youth Athlete Development Models: A Narrative Review. Sports Health, 14(1), 20–29. https://doi.org/10.1177/19417381211055396




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.10586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.