PERAN PERCEPTUAL MOTORIC TERHADAP PERKEMBANGAN GERAK ANAK
Abstract
Gerak merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia. Hampir semua
aktivitas yang dilakukan manusia melibatkan unsur gerak. Bersama dimensi geraknya,
manusia mencoba merajut kehidupan yang berguna dan bermakna dalam berbagai peran
yang majemuk dan beragam. Sangat banyak aktivitas manusia yang melibatkan dimensi
motorik, salah satu diantaranya yaitu perseptual motorik. Perseptual motorik adalah
kemampuan menginterprestasi stimulus yang diterima oleh organ indera. Kemampuan
perseptual berguna untuk memahami segala sesuatu yang ada di sekitar, sehingga
seseorang mampu berbuat atau melakukan tindakan tertentu sesuai dengan situasi yang
dihadapi. Upaya mengembangkan perseptual motorik sebenarnya baik dilakukan melalui
pendidikan jasmani, terutama bagi siswa sekolah. Pengembangan perseptual motorik
dapat dilakukan melalui latihan bentuk gerakan-gerakan yang mengarah pada
kemampuan untuk memahami tubuh, memahami arah, memahami ruang, dan memahami
tempo. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat disusun dan dikemas dalam bentuk
permainan/bermain, karena aktivitasnya menyenangkan, terutama bagi anak yang masih
sekolah.
Kata Kunci: perceptual motoric, perkembangan gerak
aktivitas yang dilakukan manusia melibatkan unsur gerak. Bersama dimensi geraknya,
manusia mencoba merajut kehidupan yang berguna dan bermakna dalam berbagai peran
yang majemuk dan beragam. Sangat banyak aktivitas manusia yang melibatkan dimensi
motorik, salah satu diantaranya yaitu perseptual motorik. Perseptual motorik adalah
kemampuan menginterprestasi stimulus yang diterima oleh organ indera. Kemampuan
perseptual berguna untuk memahami segala sesuatu yang ada di sekitar, sehingga
seseorang mampu berbuat atau melakukan tindakan tertentu sesuai dengan situasi yang
dihadapi. Upaya mengembangkan perseptual motorik sebenarnya baik dilakukan melalui
pendidikan jasmani, terutama bagi siswa sekolah. Pengembangan perseptual motorik
dapat dilakukan melalui latihan bentuk gerakan-gerakan yang mengarah pada
kemampuan untuk memahami tubuh, memahami arah, memahami ruang, dan memahami
tempo. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat disusun dan dikemas dalam bentuk
permainan/bermain, karena aktivitasnya menyenangkan, terutama bagi anak yang masih
sekolah.
Kata Kunci: perceptual motoric, perkembangan gerak
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jo.v1i1%20Juli.1094
Refbacks
- There are currently no refbacks.