Peningkatan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Pada Siswa Sekolah Dasar dengan Metode Sport For Develpoment

Ali Munir, Abi Zahed Al Qurtubi, Arief Nur Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing sepak bola pada siswa sekolah dasar melalui pendekatan bermain atau sport for development. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Wonokerto 1 Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi, sampel yang digunakan pada penelitian ini seluruh siswa kelas V sebanyak 22 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini pada kondisi awal siswa yang tuntas hanya 36,37%, selanjutnya peneliti melakukan perbaikan pada siklus I, siswa yang tuntas sebanyak 54,53%, siswa yang belum tuntas 45,47%. Sedangkan pada siklus II hasil peningkatan belajar siswa terlihat baik sebanyak 86,38% telah tuntas melaksanakan pembelajaran, sedangkan yang tidak tuntas hanya 13,62%. Hasil tersebut telah mencapai indikator ketuntasan minimum belajar yaitu 70%. Hasil tersebut dapat disimpulakan bahwa penggunaan metode bermain dalam peningkatan hasil belajar passing sepak bola dapat berpengaruh positif, selain dapar meningkatkan hasil belajar passing juga dapat membat siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran sepak bola materi passing.

Keywords


Passing; Sepak Bola; Sport for development

Full Text:

PDF

References


Bima, K., & Ajaran, T. (2019). Penulis adalah Staf Edukatif Prodi Penjaskesrek STKIP Taman Siswa Bima 6. 17(2), 6–10.

Firdausi, D. K. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(1), 63. https://doi.org/10.33222/juara.v3i1.216

Firmana, I. (2018). JUARA : Jurnal Olahraga. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2).

Hendri Taufiqurriza. (2012). Tingkat Keterampilan Dasar Permainan Sepak Bola Pada Siswa Sekolah Dasar. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(1), 1–3.

Herpandika, R. P., & Kurniawan, W. P. (2020). Pembelajaran Renang Gaya Dada dengan Pendekatan Metode Inklusi. Indonesia Performance Journal, 4(1), 1–9.

Ishak, M. (2017). Gaya Mengajar Otoriter Dan Demokratis Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 94. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6405

Labani, A. (2013). Survei Kemampuan Teknik Dasar Permainan Sepak Bola Pada Siswa Sdn Pembina Luwuk. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.

Mubarok, R. R. S., Narlan, A., & Millah, H. (2019). Pengaruh Latihan Long Passing Menggunakan Sasaran Berurutan Terhadap Ketepatan Long Passing Dalam Permainan Sepak Bola. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 98–103. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1150

Munir, A., Arief Nur Wahyudi, & Aba Sandi Prayoga. (2021). Pendekatan Model Discovery Learning dalam Keterampilan Teknik Shooting Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 68–73. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.190

Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344

Nusufi, M. (2016). Hubungan Kemampuan Montor Ability dengan Keterampilan Bermain Sepak Bola pada Klub Himadirga Unsyiah. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 02(01), 1–10.

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Mata Pelajaran Bahasa Daerah, B. (1993). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Oleh Sutrisna Wibawa (FBS UNY). 1970.

Pradana, V. O., & Noval, A. (2018). Hubungan Motor Educability dan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Putra Kelas X SMA Budi Mulia Jakarta. Journal Sport Area, 3(1), 79. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1316

Pujianto, D., Sutisyana, A., & Arwin, A. (2020). Pengembangan Model Latihan Sasaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Sepakbola. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 67–73. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8333

Ramadan, G. (2018). JUARA : Jurnal Olahraga. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 0–6.

Ruslan, R., & Amin, M. R. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Mengoper Pada Sepak Bola Melalui Pendekatan Bermain. Jurnal Jambura, 4(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i1.13542

Setiawan, A., & Akhiruyanto, A. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Melalui Permaian Pemburu Binatang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 9(1), 23–27. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/active.v4i10.8137

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiytanto. (2012). Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Journal of Physical Education, 5(3), 395–400.

Widodo, B. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya DADA Melalui Penerapan Gaya Mengajar Resiprocal Pada Siswa Putri Kelas X Tekstil SMK N 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. 274–282.




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.12004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jendela Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.