PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PENJAS DENGAN MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA “STOP PASSING, EKO’S, GAWANG TIANG TUNGGAL”TERHADAP ASPEK PSIKOMOTOR SISWA SD KELAS V”
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap
psikomotor siswa antara yang menggunakan model permainan sepakbola Stop Passing, yang
menggunakan model permainan sepakbola Eko’s dan yang menggunakan model permainan sepakbola
Tiang tunggal pada siswa kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian eksperimen One Group Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik total
sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa tes
keterampilan sepakbola dan analisis data menggunakan uji anova satu jalur. Hasil penelitian
menunjukan bahwa dari hasil akhir psikomotor siswa setelah diberikan perlakuan berupa model
permainan sepakbola Stop Passing, model permainan sepakbola Eko’s, dan model permainan
sepakbola Tiang tunggal berada pada tingkat kategori cukup dengan rata-rata skor 50.00. Dari hasil
perhitungan uji anova, nilai F hitung sebesar 0,260 yang lebih besar dari taraf signifikansi 5% (>0,05)
berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil psikomotor siswa antara yang
menggunakan model permainan sepakbola Eko’s, yang menggunakan model permainan sepakbola Stop
Passing dan yang menggunakan model permainan sepakbola Tiang tunggal.
Kata kunci: Perbandingan, Model, Stop Passing, Eko’s Tiang Tunggal, Psikomotor
psikomotor siswa antara yang menggunakan model permainan sepakbola Stop Passing, yang
menggunakan model permainan sepakbola Eko’s dan yang menggunakan model permainan sepakbola
Tiang tunggal pada siswa kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian eksperimen One Group Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik total
sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa tes
keterampilan sepakbola dan analisis data menggunakan uji anova satu jalur. Hasil penelitian
menunjukan bahwa dari hasil akhir psikomotor siswa setelah diberikan perlakuan berupa model
permainan sepakbola Stop Passing, model permainan sepakbola Eko’s, dan model permainan
sepakbola Tiang tunggal berada pada tingkat kategori cukup dengan rata-rata skor 50.00. Dari hasil
perhitungan uji anova, nilai F hitung sebesar 0,260 yang lebih besar dari taraf signifikansi 5% (>0,05)
berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil psikomotor siswa antara yang
menggunakan model permainan sepakbola Eko’s, yang menggunakan model permainan sepakbola Stop
Passing dan yang menggunakan model permainan sepakbola Tiang tunggal.
Kata kunci: Perbandingan, Model, Stop Passing, Eko’s Tiang Tunggal, Psikomotor
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1285
Refbacks
- There are currently no refbacks.