PENGARUH PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING TERHADAP KEMAMPUAN RENANG GAYA DADA MAHASISWA SEMESTER 3 PJKR UPGRIS 2016/2017
Abstract
Dalam pembelajaran renang pendekatan yang digunakan tidak hanya mengenai penguasaan
keterampilan dasar gerak gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman
secara teoritis dan filosofis.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan metode
hypnoteaching terhadap kemampuan renang gaya dada pada mahasiswa. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode eksperimen dengan design posttest only control design group. Pengambilan
sampel dengan teknik purposive sampling sehingga di peroleh kelas PJKR 3 G sebagai kelas
eksperimen yang akan diajarkan dengan PJKR 3 H yang akan diajarkan dengan model ekspositori. Dari
hasil penelitian yang sudah dilaksanakan pada kelas eksperimen sebanyak 4 orang atau 14,2%
mendapat kategori sangat baik, sebanyak 29 orang atau 78,5% mendapat kategori baik, sebanyak 2
orang atau 7,14% mendapat kategori cukup dan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Hypnoteaching adalah 80,34%. Kemudian pada kelas kontrol yang mendapat nilai sangat
baik sebanyak 2 orang atau 7,14%, baik sebanyak 11 orang atau 39,28%, dan cukup sebanyak 15 orang
atau 53,57% dan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori adalah
68,39. Sedangkan dilihat dari lembar observasi penerapan metode Hypnoteaching minat mahasiswa
sebelum diterapkan metode Hypnoteaching sebesar 63 % dan motivasi sebessar 69% sedangkan
angket setelah dilaksanakan metode Hypnoteaching sebesar 84 % dan motivasi sebesar 75%.
Kata Kunci: metode Hypnoteaching,renang gaya dada
keterampilan dasar gerak gaya dalam renang, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman
secara teoritis dan filosofis.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan metode
hypnoteaching terhadap kemampuan renang gaya dada pada mahasiswa. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode eksperimen dengan design posttest only control design group. Pengambilan
sampel dengan teknik purposive sampling sehingga di peroleh kelas PJKR 3 G sebagai kelas
eksperimen yang akan diajarkan dengan PJKR 3 H yang akan diajarkan dengan model ekspositori. Dari
hasil penelitian yang sudah dilaksanakan pada kelas eksperimen sebanyak 4 orang atau 14,2%
mendapat kategori sangat baik, sebanyak 29 orang atau 78,5% mendapat kategori baik, sebanyak 2
orang atau 7,14% mendapat kategori cukup dan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Hypnoteaching adalah 80,34%. Kemudian pada kelas kontrol yang mendapat nilai sangat
baik sebanyak 2 orang atau 7,14%, baik sebanyak 11 orang atau 39,28%, dan cukup sebanyak 15 orang
atau 53,57% dan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori adalah
68,39. Sedangkan dilihat dari lembar observasi penerapan metode Hypnoteaching minat mahasiswa
sebelum diterapkan metode Hypnoteaching sebesar 63 % dan motivasi sebessar 69% sedangkan
angket setelah dilaksanakan metode Hypnoteaching sebesar 84 % dan motivasi sebesar 75%.
Kata Kunci: metode Hypnoteaching,renang gaya dada
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1295
Refbacks
- There are currently no refbacks.