Peningkatan Kolaborasi Melalui Kombinasi Gerak Dasar Permainan Bola Besar Dengan Pendekatan Bermain Kelas V
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustini, I. P., Tomi, A., & Sudjana, I. N. (2016). Metode Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas III C SDN Krian III Kabupaten Sidoarjo. Pendidikan Jasmani, 26(2), 229–237.
Anggelita, D. M., Mustaji, M., & Mariono, A. (2020). Pengaruh Keterampilan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik SMK. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 23. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3323
Apriono, D. 2013. Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Prospektus UNIROW. XVII (1): 292-304.
Arikunto, Suharsimi (2021) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Anantyarta, P., & Sari, R. L. I. (2017). Keterampilan kolaboratif dan metakognitif melalui multimedia berbasis Means Ends Analysis. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 33–43. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BIOMA/article/view/821
Ayu Wulandari, C., Rahmaniati, R., & Hikmah Kartini, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.2331
Funali, M. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas V SDN I Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1), 57–80.
Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 21. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175
Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Gorontalo, 12–21. https://doi.org/10.30653/001.202042.138
Ihsan, F. 2013. Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Peserta Diklat Melalui Pembelajaran Kolaboratif. (Online).(http://bkddiklat.ntb prou.go.id.
Irayanti, Upu, H., Tahir, T., & Yunus, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VB SDN Balang Baru 1 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan. 1 (2), 118-130
Lee, D., Huh, Y., & Reigeluth, C. M. (2015). Collaboration, intragroup conflict, and social skills in project-based learning. Instructional Science, 43(5), 561–590. https://doi.org/10.1007/s11251-015-9348-7
Lilik Hidayati. (2014). Penerapan Kolaborasi Metode Pembelajaran Talking Stick Dan Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Di Smk 2 Lingsar. GaneÇ Swara, 8(2), 79–88.
Munandar, H., Suwardi, & Hasyim. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola melaui model kolaborasi murid kelas v.b sd inpres 167 mattoanging kecamatan turatea kabupaten jeneponto. 1–15.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Puspitasari, N. (2018). Peningkatan Collaboration Skill Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21 Melalui Pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) Mata Pelajaran Ipa Di Sd Negeri Kotagede 1. Basic Education, 7(38), 3-767-3.780. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14023
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Ruandini, W., Akhdinirwanto R. W., dan Nurhidayati. 2011. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe.http://download.portalga ruda.org/article.php?article=9 382&val=614
Saenab, S., Yunus, S. R., & Virninda, A. N. (2017). PjBL untuk pengembangan keterampilan mahasiswa: sebuah kajian deskriptif tentang peran PjBL dalam melejitkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 2(1), 45–50. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/viewFile/3739/2136
Yantol, R., Diplan, D., & Kartini, N. H. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa dengan Model Pembelajaran Scramble-Media Visual Peserta Didik Kelas IV SDN 4 PanarungTahunPelajaran 2017/2018. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1):27-31.
Yudianto, W. D., Sumardi, K., & Berman,E. T. 2014. Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2).
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14122
Refbacks
- There are currently no refbacks.