Pengembangan Nilai Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran PJOK Kelas V Di Sekolah MI Al Ahmad Dengan Modifikasi Permainan Tradisional
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan nilai disiplin siswa melalui pembelajaran PJOK dengan modifikasi permainan tradisional atas siswa kelas V Di MI AL Ahmad Krian. Instrumen validasi yang digunakan adalah (1) validasi dari 1 ahli pembelajaran PJOK, (2) validasi dari 1 ahli permainan, (3) validasi 1 dari ahli praktisi. Data dianalisis secara deskriptif Research-Based and Development (RND. Research-Based and Development (R&D) pada pedoman penilaian. Hasil penilaian yang diberikan oleh hali pembelajaran PJOK dan ahli permainan termasuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan, hasil uji coba kelompok kecil termasuk dalam kriteria sangat baik. Serta hasil uji coba lapangan juga termasuk dalam kriteria sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian pengembangan ini adalah telah dikembangkan modifikasi permainan tradisional melalui pembelajaran PJOK untuk meningkatkan nilai disiplin siswa kelas V di MI Al-Ahmad Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo yang berbentuk buku pedoman bermain. Buku tersebut menjelaskan secara lebih rinci tentang model permainan, peraturan permainan, alat yang digunakan, dan cara melaksanakan permainan seerta lembar penilaian bagi guru. Permainan ini terdiri dari dua tipe/pola permainan, yaitu tipe mudah (easy), dan tipe susah (hard).
References
Alhaddad, M. R. (2017). Pembentukan Karakter; (Studi Unit Kegiatan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 2(1). https://doi.org/10.48094/raudhah.v2i1.15
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arimadona, S, & Silvina, R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Zat Adiktif dan Psikotropika Berbasis Scientific Aproach Dengan Crossword Puzzle. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1). https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.661
Basuki, S. (2017). Pembentukan Karakter Melalui Modifikasi Permainan Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 15(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v15i2.2746
Damanik, S, Zulfan Heri, & Wesley Silalahi. (2017). Pendampingan Modifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Di Kecamatan Serba Jadi. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPM UNIMED, Medan. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_193923981996.pdf
Dick, W, L. Carey, J, & O. Carey. (2005). The systematic Design of Instruction. Logman.
Fauziah, M. I. D. A. (2016). Pengembangan Modifikasi Permainan Gobag Sodor Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Afiliasi Diri Antar Siswa SMP Kelas VII. Jurnal BK UNESA, 3(2).
Lekstiyanto, O, Tri Nurharsono, & Agus Pujianto. (2013). Model Permainan Basket Holl Dalam Pembelajaran PJOK Bola Besar Pada Ssiswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Purbalingga. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(7), 452–458.
Lestari, D.F. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Tradisional bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33742
Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2). https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030
M.F. Purba, Novita, & Albadi Sinulingga. (2019). Learning Model Based Traditional Game to Improve Motoric and Keeping Culture of Traditional Games. (AISTEEL 2019). Procceings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019). https://www.atlantis-press.com/proceedings/aisteel-19/125928487
Pambudi, S., R, I. F, & Handayani, D. E. (2019). Pengaruh Permainan Gobag Sodor Modifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.146
Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba).
Puput Widodo, & Ria Lumintuarso. (2017). Pengembangan model permainan tradisional untuk membangun karakter pada siswa SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2). http://dx.doi.org/10.21831/jk.v5i2.7215
Rahmawati, I. Y., & Yulianti, B. (2020). Kreativitas guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education, 5(1).
Rosdiani, D. (2013). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Alfabeta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, B.H. (2017). Pengembangan Permainan Tradisional Untuk Membentuk Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 117–130.
Wijayanto, A. (2020). Bunga Rampai KOLABORASI MULTI DISIPLIN ILMU Dalam Menghadapi Tantangan di Era New Normal. In Tantangan Dunia Pendidikan dalam Pembelajaran Budaya Kesehatan dan Olahraga pada Masa New Normal.
Yuliarti, M. S. (2020). Interaksi Sosial dalam Masa Krisis: Berkomunikasi Online Selama Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Problematika Sosial Pandemi Covid-19.
Zaleha. (2021). Memaksimalkan Peran Guru dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(3).
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v8i2.14151
Refbacks
- There are currently no refbacks.