Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Passing Bawah Menggunakan Metode Latihan Bola Gantung

Hikmawati Hikmawati, Iyakrus Iyakrus, Arizky Ramadhan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar passing bawah bola dengan media bola plastik digantung pada peserta didik kelas V SDN Sekayu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kualitatif deskriptif, subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Sekayu. Teknik pengumpulan data meliputi mengamati proses pembelajaran dan melakukan tes dan pengukuran keterampilan gerak dasar. Berdasarkan analisis kualitatif, digunakan analisis data deskriptif. Merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi adalah semua aspek prosedur penelitian. Berdasarkan penelitian, pihak sekolah, guru, dan siswa dapat mengetahui bahwa penggunaan media bola gantung untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani bola voli materi passing bawah dan meningkatkan hasil belajar siswa dapat dijadikan sebagai contoh atau masukan. Hal ini terlihat dari hasil yang dimulai dari pra tindakan dan berlanjut pada siklus I dan siklus II, ternyata selalu terjadi peningkatan baik nilai rata-rata hasil belajar maupun persentase ketuntasan. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa penggunaan media bola gantung dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah. Kondisi awal siklus I dan siklus II, hasil analisis menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Pada kondisi awal, sebanyak 13 siswa menyelesaikan pendidikannya. 17 siswa (82 persen) menyelesaikan siklus pertama. Jumlah siswa yang tamat belajar meningkat menjadi 21 siswa(100%) pada siklus II


Keywords


Study; Basic Movement; Passing

Full Text:

PDF

References


Muhajir and Sutrisno, B. (2016) Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kemendikbud.

Sugiyanto, S. (2021) Modul Ajar PJOK SD/MI Fase C Kelas V. Jakarta.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (R & D). Bandung: Alfabeta.

Mulyadi, D. Y. N. and Pratiwi, E. (2020) Pembelajaran Bola Voli. Palembang: Bening Media Publishing.

Syauki, A. Y. (2020) ‘Pengaruh Alat Modifikasi Bola Gantung Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli’, Tulip, Jurnal Tulisan Ilmiah Pendidikan, 9(1), pp. 41–48. Available at: http://journal.stkip.banten.ac.id.

Saparino (2019) ‘Pengaruh Metode Drill Menggunakan Media Bola Gantung Terhadap Hasil Belajar Smash Bola Voli.’

Zuhermandi, Saputra, R. and Wakidi (2015) ‘Penerapan Media Bola Gantung untuk Meningkatkan Aktivitas Smash dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas XB SMA Negeri 1 Nanga Pinoh’, Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2(1), pp. 18–29.

Jaya, H., Insanistyo, B. and Sofino (2018) ‘Pengaruh Model Latihan Modifikasi Bola Gantung Terhadap Kemampuan Servis Atas Putra Ekstrakurikuler SMKN 3 Kota Bengkulu’, KINESTETIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), pp. 27–33.

Hadi, S. R. and Marhendinata, H. (2020) ‘Pemodelan Gerak Dan Formasi Belajar Melalui Video Youtube Untuk Memperbaiki Passing Bola Voli Siswa SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo’, Jp.jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan), 3(2), pp. 177–191. doi: https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i2.624.

Bafirman and Wahyuri, A. S. (2019) Pembentukan Kondisi Fisik. Depok: Raja Grafindo Persada.

Hasyim and Saharullah (2019) Dasar-dasar Ilmu Kepelatihan. Makassar: UNM Press.




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.