Identifikasi Minat dan Bakat Anak Usia Dini pada Cabang Olahraga Bulutangkis
Abstract
Pembinaan prestasi olahraga tentunya harus dilakukan sejak usia dini dengan terencana dan terus menerus melalui pemanduan bakat. Minat juga merupakan bagian dari faktor keberhasilan, karena itu jika seseorang yang memiliki minat dan bakat yang tinggi terhadap kegiatan yang akan dilakukan akan menimbulkan rasa senang serta akan menumbuhkan perhatian yang besar kepada suatu cabang olahraga. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat minat dan potensi bakat yang dimiliki siswa SDIT Al-Furqon Garut pada cabang olahraga bulutangkis. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu survey dengan instrumen yang digunakan angket dan tes. Subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas 5 dan 6 SDIT Al-Furqon Garut tahun 2021 yang berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistic desktiptif dengan presentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat siswa terhadap olahraga bulutangkis frekuensi terbanyak adalah sedang 35%. Kategori sangat tinggi 2,5%, kategori tinggi 32,5%, kategori rendah 25%, dan kategori sangat rendah 5%. Sedangkan potensi bakat siswa yang dimiliki tingkat frekuensi sangat potensial sebanyak 0 siswa atau 0%, berkategori potensial sebanyak 10 siswa atau 25%, berkategori cukup potensial sebanyak 18 siswa atau 45%, berkategori kurang potensial sebanyak 10 siswa atau 25%, dan berkategori tidak potensial sebanyak 2 siswa atau 5%. Bakat siswa kelas 5 dan 6 SDIT Al-Furqon Garut dapat disimpulkan cukup berpotensi.
Keywords
References
Araujo, G. De, Gobatto, F. M.-, Papoti, M., Camargo, B., & Gobatto, C. (2014). Anaerobic and Aerobic Performances in Elite Basketball Players. Journal of Human Kinetics, 42, 137–147. https://doi.org/10.2478/hukin-2014-0068
Arifin, Z., Surya Fallo, I., & Sastaman, P. (2017). Identifikasi Bakat Olahraga Siswa Sekolah Dasar di Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(2), 129–139.
Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Practice Dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. JurnalMensSana, 1(2), 20.
Awiria, A., Yudhaprawira, A., & Dariyanto, D. (2022). Faktor Penyebab Kesulitan Anak Usia Sekolah Dasar Menguasai Pukulan Lob Bulutangkis. JOURNAL RESPECS (Research Physical Education and Sports), 4(2), 158-164.
Aziz, I., Okilanda, A., Permadi, A. A., Tjahyanto, T., Prabowo, T. A., Rozi, M. F., ... & Suryadi, D. (2023). Correlational study: Sports Students' special test results and basic athletic training learning outcomes. Retos: nuevas tendencias en educación física, deporte y recreación, (49), 519-524.
Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29-37.
Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51-58.
Cahyaningrum, G. K., Asnar, E., & Wardani, T. (2018). Perbandingan Latihan Bayangan dengan Drilling dan Strokes Terhadap Kecepatan Reaksi dan Ketepatan Smash. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 159-170.
Candra, A. T. (2020). Analisis Minat Dan Bakat Olahraga Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 177-189.
Dewi, L. A. P. (2017). Peranan orang tua dalam pembentukan karakter dan tumbuh kembang anak. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 83-91.
Edmizal, E., & Maifitri, F. (2021). Pelatihan Tentang Kondisi Fisik Cabang Olahraga Bulutangkis Bagi Pelatih Bulutangkis Se Kota Padang. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 3(1), 32-37.
Fazari, M., Damayanti, I., & Rahayu, N. I. (2017). Hubungan Kecerdasan Intelektual (Iq) Dan Kecerdasan Emosional (Eq) Dengan Keterampilan Bermain Dalam Cabang Olahraga Bulutangkis. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 2(1), 33-37.
Hamzah, H. (2022). Minat Siswa dalam Pembelajaran Olahraga Bulutangkis di SMP Satu Atap Reteh Kabupaten Iindragiri Hilir. Jurnal Olahraga Indragiri, 9(2), 86-101.
Hasibuan, N., & Simamora, R. (2018). Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Bulutangkis PBSI Sumatera Utara. Kesehatan dan Olahraga, 2(1), 13–23.
Hatmoko, J. H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes di SMK Se-Kota Salatiga Tahun 2013. E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(4), 1729–1736. https://doi.org/10.15294/active.v4i4.4855
Hendarto, M. H., Januarto, O. B., & Tomi, A. (2020). Meningkatkan Backhand Overhead Clear Bulutangkis Dengan Metode Drill. Sport Science and Health, 2(4), 232-238.
Hita, I putu agus dharma, D. (2020). Jurnal Menssana, 5 No.2, 146–156.
Hoffmann, J. J., Reed, J. P., Leiting, K., Chiang, C. Y., & Stone, M. H. (2014). Repeated sprints, high-intensity interval training, small-sided games: Theory and application to field sports. International Journal of Sports Physiology and Performance, 9(2), 352–357. https://doi.org/10.1123/IJSPP.2013-0189Prahmana, R.C.I. (2012). Pendesainan Pembelajaran Operasi Bilangan Menggunakan Permainan Tradisional Tepuk Bergambar Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD). Unpublished Thesis. Palembang: Sriwijaya University.
Hulaimi, M. N., & Purnomo, M. (2022). Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Motivasi Latihan Atlet Bulutangkis di PB Abadi Krian. Jurnal Prestasi Olahraga, 5(2), 151-155.
Insani, F. (2019). DI MI Istiqomah Sambas Purbalingga Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Ismi, A. K., & Hartono, M. (2021). Penelusuran Minat dan Bakat Olahraga pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Semarang Tahun 2019/2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 145-152.
Iswanto, R. (2022). Minat Siswa SMK Negeri 1 Kota Sungai Penuh terhadap Ekstrakulikuler Bulutangkis (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Kanedi, I., & Siswanto, S. (2020). Menentukan Bakat Dan Minat Olahraga Siswa Dengan Metode Weight Product Pada SMKN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 17(2), 43. https://doi.org/10.24014/sitekin.v17i2.9584
Kusumawati, E. (2017). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Regulasi Diri Siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMP Negeri 13 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 121-141.
M. Furqon H. (2008). Mendidik Anak dengan Bermain (Buku Pegangan Guru Penjas di Sekolah Dasar). Surakarta: Universitas Sebalas Maret
Mahesa, Z. (2020). Di Garut Banyak Potensi Atlet Bulutangkis, Dodi Gustari Jadi Ketua Umum PBSI Garut https://deskjabar.pikiran-rakyat.com/jabar/pr-113998859/di-garut-banyak-potensi-atlet-bulutangkis-dodi-gustari-jadi-ketua-umum-pbsi-garut. [tanggal akses 16 september 2021]
Naris, A. P., Yuliawan, D., & Junaidi, S. (2022). Pengaruh Latihan Shadow Bebas dan Kombinasi Terhadap Kelincahan (Agility) Atlet Bulututangkis PB. Hiqua Wijaya Kota Kediri. Jurnal Jendela Olahraga.
Neviyarni, A. (2020). Perkembangan Kognitif, Bahasa, Perkembangan Sosio-Emosional, dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2).
Nugraha, B. (2015). Pendidikan jasmani olahraga usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).
Pangestu, (2020). Bolabasket Pada Atlet Popda tingkat SMP Kabupaten Jepara Tahun 2019 Universitas Negeri Semarang Tahun 2020.
Pasarrin, J., Fauzi, M. S., & Cahyaningrum, G. K. (2023). Survei Minat Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bulu Tangkis di SMK Muhammadiyah 3 Samarinda. Borneo Physical Education Journal, 4(1), 8-17.
Permadi, A. A. (2021). Peran Psikologi Olahraga dalam Kondisi Pandemi Covid-19 sebagai Upaya Menjaga Kebugaran Atlet. Olahraga dan Pendidikan Jasmani dalam Memacu Loncatan SDM Unggul Berkompetensi Selama Pandemi, 87.
Pratiwi, P. (2015). Pemanduan Bakat dan Minat Cabang Olahraga melalui Metode Sport Search Pada Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak Tahun 2013/2014. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(3).
Santoso, Y., & Hadiwono, A. (2019). Rumah Wisata Bulutangkis. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(1), 556-562.
Purnama, S. K. (2010). Kepelatihan bulutangkis modern. Surakarta: Yuma Pustaka.
Siswadi, Y. (2014). Analisis faktor internal, faktor eksternal dan pembelajaran kewirausahaan yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 13(1).
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v8i2.15184
Refbacks
- There are currently no refbacks.