PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGY MASSED PRACTICE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET PESERTA DIDIK SMA KELAS XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategy massed practice memberi
pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran permainan
bola basket khususnya teknik dasar shooting. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test and post test randomized two
group design. Sampel yang digunakan sebanyak 20 orang dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik simpel random sampling. Sampel dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol dan masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang.Teknik
pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes menembak bola (shooting) ke keranjang basket.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik uji t dua sampel independen.
Berdasarkan hasil perthitungan uji t dengan taraf signifikan α = 0.05 maka hasil perhitungan diperoleh
thitung > ttabel yaitu 7,62 >2,101 yang berarti signifikan sehingga hipotesis penelitian yang diajukan diterima.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategy massed pracrice dalam pembelajaran
pendidikan jasmani berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik SMA kelas
XI khususnya hasil belajar shooting dalam permainan bola basket.
pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran permainan
bola basket khususnya teknik dasar shooting. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test and post test randomized two
group design. Sampel yang digunakan sebanyak 20 orang dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik simpel random sampling. Sampel dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol dan masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang.Teknik
pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes menembak bola (shooting) ke keranjang basket.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik uji t dua sampel independen.
Berdasarkan hasil perthitungan uji t dengan taraf signifikan α = 0.05 maka hasil perhitungan diperoleh
thitung > ttabel yaitu 7,62 >2,101 yang berarti signifikan sehingga hipotesis penelitian yang diajukan diterima.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategy massed pracrice dalam pembelajaran
pendidikan jasmani berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik SMA kelas
XI khususnya hasil belajar shooting dalam permainan bola basket.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1701
Refbacks
- There are currently no refbacks.