Variasi Strategi Pembelajaran Pada Peserta Didik Disabilitas Intelektual : Studi Fenomenologi Deskriptif
Abstract
Pendidikan jasmani adaptif memainkan peran penting dalam meningkatkan keterampilan motorik dan sosial peserta didik dengan disabilitas intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh variasi strategi pembelajaran terhadap pencapaian belajar peserta didik disabilitas intelektual di SLB Negeri Banjarnegara. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologis, penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru kelas, guru olahraga, dan peserta didik sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan menerapkan teknik triangulasi untuk memastikan keakuratan hasil. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa variasi strategi pembelajaran, seperti pendekatan visual, auditory, kinestetik, serta penggunaan teknologi, secara signifikan meningkatkan pemahaman, partisipasi, dan hasil belajar peserta didik. Faktor kunci keberhasilan meliputi personalisasi pembelajaran, pendekatan kolaboratif, dan pemanfaatan media interaktif yang disesuaikan dengan kebutuhan individu. Namun, penerapan strategi ini menghadapi kendala seperti kurangnya pelatihan guru, keterbatasan fasilitas, dan persepsi negatif terhadap disabilitas. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa strategi pembelajaran yang bervariasi, adaptif, dan inklusif dapat meningkatkan keterampilan motorik, motivasi, dan keterlibatan peserta didik disabilitas intelektual, asalkan didukung oleh lingkungan belajar yang memadai, pelatihan guru yang berkualitas, serta kerja sama antara pendidik, orang tua, dan tenaga profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggali secara mendalam pengalaman, persepsi yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru olahraga, dan peserta didik. Pendekatan ini dipilih agar peneliti dapat memahami secara kontekstual dinamika strategi pembelajaran yang diterapkan dalam pendidikan bagi peserta didik disabilitas intelektual
Keywords
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v10i3.22418
Refbacks
- There are currently no refbacks.