Pengaruh Latihan Imagery dan Self-Talk Terhadap Konsentrasi dan Ketepatan Tusukan Dalam Permainan Anggar

Fitria Fitria

Abstract


Fitria, S.Pd

Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya

[email protected]

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan performa atlet anggar dengan metode latihan imagery dan self-talk. Tujuh siswa yang terpilih sesuai kriteria akan dilakukan pretest untuk menentukan pembagian kelompok imagery, self-talk atau kontrol. Pada penelitian ini akan digunakan dua instrument test, yaitu grid concentration exercise test untuk mengukur tingkat konsentrasi dan kuhadja skill fencing test untuk mengukur ketepatan tusukan. Akan diberikan latihan selama 4 minggu untuk masing-masing kelompok dan 2 kali perlakuan dalam satu minggu. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan metode latihan imagery menunjukkan pengaruh yang signifikan pada variabel ketepatan tusukan, kelompok self-talk menunjukkan pengaruh yang signifikan pada variabel konsentrasi dan ketepatan tusukan. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok eksperimen ini memiliki peningkatan guna meningkatkan konsentrasi dan ketepatan tusukan, walaupun dengan jumlah rerata yang tidak sama, hal ini bisa disebabkan karena keterbatasan waktu yang ada dan minimnya pertemuan treatmen per mingu yang diberikan.

Kata Kunci : ketepatan tusukan, konsentrasi, latihan self-talk, imagery


Full Text:

19-25

References


Amasiatu (2013). Mental Imagery Rehearsal as a psychological Tehnique to Enhancing Sport Performance. Education research International. Vol.1 No.2, ISSN-L:2307,ISSN:2307-3721.

Dintica, G., Paunescu, M. (2014). The aggression in performance fencing. Social and Behavioral Sciences. 117, 34-37.

Jannah, M. 2016. Psikologi Eksperimen. Surabaya: Unesa University Press.

Kuhadja, P.F. (1970). The construction and validation of a skill test for the riposte-lunge in fencing. Southern Illinois University, Carbondale.

Maksum, A. 2011. Psikologi Olahraga Teori dan Aplikasi. Surabaya: Unesa University Press.

Mahardika, I Made Sriundy. (2015). Metodologi Penelitian. Surabaya : Unesa University Press

Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. (2015). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya.

Rushall, B. 2008. Mental Skill Training for Sport. San Diego State University and Sport Science Associates.

Zetou, E., Nikolaos, V., & Evaggeloss, B., Makraki, E. (2012). The Effect of Self-talk in Learning The Volleyball service skill and self-efficacy improvement. Jounal of Human Sport & Exercise. Vol 7, pp. 794-8




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v3i2.2429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.