Implementasi Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keaktifan Gerak Siswa

muhammad nur, Fajar Ari Widiyatmoko

Abstract


Keaktifan gerak dalam pembelajaran penjas masih sangat kurang karena pembelajaran penjas monoton dan kurang menarik.Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh implementasi penerapan permainan tradisional dalam meningkatkan keaktifan gerak siswa. Desain penelitian ini adalah control group pretest-posttest design. Lokasi penelitian di SMK N 6 Semarang. Populasi penelitian adalah kelas XI SMK N 6 Semarang dengan sempel Dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Instrument yang digunakakan adalah instrument keaktifan gerak yang disusun oleh Suherman (2009) dengan prosedur penelitian 6 kali pertemuan. 1 pertemuan pretest 4 kali pertemuan treatment dan 1 kali posttest. Dengan hasil penelitian menunjukan implementasi permainan tradisional berpengaruh untuk meningkatkan keaktifan gerak siswa di SMK N 6 Semarang. Setelah pemberian tretment permainan tradisional keaktifan gerak siswa nilai rata-rata keaktifan gerak siswa untuk kelompok eksperimen sebesar 13,85 dan kelompok kontrol sebesar 15,32 dimana sebelumnya pada kelompok eksperimen hanya 12,59 dan kelompok kontrol 14 32 atau meningkat 10,0% untuk klompok eksperimen dan 7,0% untuk kelompok kontrol. Melalui penerapan permainan tradisional siswa dapat melakukan keaktifan gerak yang cukup baik. Sehingga dapat di simpulkan ada peningkatan implementasi permainan tradisional untuk meningkatkan kaeaktifan gerak siswa.

 

Kata kunci: permainan tradisional,  keaktifan gerak, penjas


Full Text:

61-65

References


Hidayat, W. (2013). “Model permainan tradisional gopak sodor bola pembelajaran penjasorkes siswa kelas V sekolah dasar”. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation 2 (3) 2556-6773.

Hudya. P. (2014) pengaruh penerapan permainan tradisional terhadap tingkat partisipasi belajar dan kelincahan siswa. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Lestari. S. (2016). Pengaruh pemanasan permainan tradisional terhadap denyut nadi dan keaktifan gerak siswa. Skripsi. Bandaung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nissa. A. (2017). Pengaruh permainan tradisional terhadap gerak dasar lari jarak pendek (sprint). Skripsi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono (2013). cara mudah menyusun: skripsi, tesis, dan disertasi. Bandung. Alfabeta, cv.

Suherman, A. (2009). Revitalisasi pengajaran dalam penjas. Bandung: CV Bintang Warli Arkita, 2009.

Wahidah, S. (2015). Pengaruh permainan tradisional terhadap kebugaran jasmani siswa kelas X SMAN 1 Soerang. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Widiyatmoko, F. A., & Hudah, M. (2017). Evaluasi Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(2).

Widiyatmoko, F. A. (2017). Strategi Implementasi Nilai Pendidikan Dalam Pembelajaran Penjas Dikaji Dari Perspektif LPTK. Jendela Olahraga, 2(2), 29–34.




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v4i1.3028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.