Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Games, Education, and Visualisation (GEV) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja

Rifqi Festiawan, Ngadiman Ngadiman, Indra Jati Kusuma, Panuwun Joko Nurcahyo, Kusnandar Kusnandar

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran pendidikan jasmani untuk siswa yang layak dan efektif untuk digunakan dan dapat digunakan sebagai solusi pembelajaran Pendidikan Jasmani khususnya pada materi kesehatan reproduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: 1) studi pendahuluan, 2) analisis terhadap informasi, 3) Menyusun draft awal, 4) validasi ahli 5) Revisi Draft, 6) uji coba terbatas, 7) uji coba skala besar, 8) Revisi Produk Akhir, 9) Uji Efektivitas dan 10) diseminasi produk hasil pengembangan. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Purwokerto berjumlah 28 siswa. Uji coba skala besar dilakukan pada siswa kelas 8 SMP Negeri 1, 2 dan 8 Purwokerto berjumlah 90 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran yang terdiri dari tiga tahapan metode pembelajaran meliputi 1) Studi Kasus, 2) Edukasi dan 3) Visualisasi. Berdasarkan penilaian beberapa ahli yaitu materi, media dan bahasa serta ahli pembelajaran dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pendidikan jasmani yang dihasilkan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji efektivitas disimpulkan bahwa model yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang kesehatan reproduksi.

 

Kata Kunci: pengembangan, model pembelajaran, pendidikan jasmani, kesehatan reproduksi

 

 

Abstract


This study aims to produce physical education learning models for students that are feasible and effective to use and can be used as learning solutions for Physical Education especially on reproductive health material. The research method used is Research and Development (RnD) with the following research steps: 1) preliminary study, 2) analysis of information, 3) Preparing initial drafts, 4) expert validation 5) Revised Draft, 6) limited trials , 7) large scale trials, 8) Final Product Revisions, 9) Effectiveness Tests and 10) dissemination of products resulting from development. Limited trials were conducted on 8th grade students of Junior High School 2 Purwokerto totaling 28 students. Large scale trials were conducted on 8th grade students of Junior High School 1, 2 and 8 Purwokerto totaling 90 students. The data analysis technique uses quantitative descriptive analysis. This study produced a learning model consisting of three stages of learning methods including 1) Case Study, 2) Education and 3) Visualization. Based on the assessment of several experts, namely material, media and language and learning experts, it can be concluded that the physical education learning model produced is feasible to be used in the learning process. Based on the results of the effectiveness test, it was concluded that the model developed was effective in increasing students 'knowledge and could increase students' awareness of reproductive health.

 

Keywords: Development, learning models, physical education, reproductive health


Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Agung Sunarno & Syaiful D. Sihombing. (2011). Metode penelitian keolahragaan. Surakarta: Yuma Pustaka.

Ambo Upe & Damsid. (2010). Asas-asas multiple research. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ahmad Kholid. (2012). Promosi kesehatan dengan pendekatan teori perilaku, media dan aplikasinya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Amir. (2009). Pendekatan Problem Based Learning. Jakarta: Solusi Publishing.

Amy G. Miron & Charles D. Miron. (2006). Bicara soal cinta, pacaran dan seks kepada remaja. Indonesia: Erlangga.

Ernawati, Hery (2014). Hubungan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Website dengan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ners Edisi Oktober.

Farida Mulyaningsih. (2009). Inovasi model pembelajaran pendidikan jasmani untuk penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan jasmani indonesia. Volume 6, Nomor 1.

Gall, Meredith D., Gall, Joyce P., & Borg, Walter R. (2003). Educational research: an introduction (7th ed). Boston: Pearson Inc.

Hergenhahn, B. R. & Olson, Matthew H. (2010). Theories of learning (teori belajar) (ed. 7). (Terjemahan Tri Wibowo B. S.). New Jersey: Pearson Education.

Heri Rahyubi. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motoric: deskripsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media

Kusyogo Cahyo, Tri Prapto Kurniawan, Ani Margawati. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Praktik Kesehatan Reproduksi Remaja Di SMA Negeri 1 Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 3. No. 2.

Lexy J. Moleong. (2010). Metodologi penelitian kualitatif (Ed. rev.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Metzler, Michael W. (2000). Instructional models for physical education. Needham Heights: Allyn and Bacon.

Monks FJ, Knoers AMP, Haditono SR. 2002. Psikologi Perkembangan, Pengantar dalam Berbagai Bagian-Bagiannya. Jakarta: UGM Press.

Notoatmojo S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Notoatmojo S. (2005). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rusman. (2010). Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setianti, Y dan Komala, L (2013). Jurnal Komunikasi Kesehatan Reproduksi Remaja di Pedesaan. Edutech, Tahun 12, Vol. 1, No. 3, Oktober.

Sri Esti Wuryani. (2008). Pendidikan Seks Untuk Keluarga. Jakarta: PT Indeks.

Syaiful Sagala. (2012). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Widyastari, D.A., Shaluhiyah, Z., Widjanarko, B (2011). Urinating After Sexual Intercourse Prevents Pregnancy: Adolescents' Misconceptions of Reproductive Health Knowledge. Jurnal Kesehatan Reproduksi Vol. 1 No. 2, April 2011 : 102-112

_______. (2011). Instructional model for physical education. Arizona: Holcomb Hathaway, Publishers,Inc




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.3678

Refbacks