Evaluasi Program Pembinaan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola Universitas Mulawarman
Abstract
Evaluation of the Program Football Student Activity Unit in Mulawarman University
This research is about evaluation of coaching program of students football activity unit at Mulawarman University. The research method used is descriptive qualitative. The approach used in this study is the CIPP model approach. Data collection tehniques through observation, interview, and documentation of administrators, coaches, athletes and athlete parents. This research conclude: 1) Context is conclude with good category. 2) Input, about availability of human resources conclude with good category. 3) Process about the implementation of coaching program, acceptance the athletes system and coordination can conclude with good category while the acceptance of coach system and the use of facilities and infrastructure conclude with medium category. 4) Product regarding the aspect of achievement and welfare conclude with medium category. While the organization aspect with low category.
Keywords: Evaluation, Football, CIPP
Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi program pembinaan Unit Kegiatan Mahasiswa Sepakbola Universitas Mulawarman. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan model CIPP. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap pengurus, pelatih, atlet dan orang tua atlet. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Context disimpulkan dengan kategori baik. 2) Input mengenai aspek ketersediaan sumber daya manusia disimpulkan dengan kategori baik. Untuk aspek ketersediaan sarana dan prasarana serta sumber pendanaan disimpulkan dengan kategori sedang. 3) Process mengenai aspek pelaksanaan program latihan, sistem penerimaan atlet dan koordinasi disimpulkan dengan kategori baik sedangkan aspek sistem penerimaan pelatih dan penggunaan sarana dan prasarana disimpulkan dengan kategori sedang. 4) Product mengenai aspek prestasi dan kesejahteraan disimpulkan dengan kategori sedang. Sedangkan aspek organisasi disimpulkan dengan kategori kurang.
Kata kunci: Evaluasi, Sepakbola, CIPP
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa)References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. dan Jabar, C. Safruddin Abdul. (2009). Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoritis, Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dwiyogo, Wasis D. (2010). Penelitian Keolahragaan. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Rahayu, Ega T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Implementasi pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Samsudi. (2006). Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. Depdikbud.
Toho Cholik Mutohir dan Ali Maksum. (2007). Sport Development Index, Alternatif Baru Mengukur Kemajuan Pembangunan Bidang Keolahragaan. Jakarta: PT Indeks.
Widoyoko, S. Eko Putro. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4872
Refbacks
- There are currently no refbacks.