Survei Aktivitas Dosen Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Terhadap Pembiasaan Olahraga di IKIP Budi Utomo Malang
Abstract
This study aims to determine the habituation of male lecturers' physical education and recreation physical education activities at IKIP Budi Utomo Malang. The method used is descriptive method and the form of research used is a survey, the sample in this study were 35 male lecturers of physical education and recreation IKIP Budi Utomo Malang. The technique for obtaining data is by spreading questionnaire respondents to health and recreation physical education lecturers who are male and data analysis techniques using Presentation Analysis Norms (%). The results of overall data analysis of the sports activities of the lecturers of physical education and recreation IKIP Budi Utomo Malang in conducting sports habituation activities found 58.142% Very good, 32.142% good, 9,142% Good enough, 0.714% Not good, and 0% Very not good . Based on the results it can be drawn a conclusion that the lecturer in physical education and recreation IKIP Budi Utomo Malang is still very good in carrying out sports activities.
Keywords: Survey, Activity, Sports, Lecture, Physical Education
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembiasaan aktivitas olahraga dosen laki-laki pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi IKIP Budi Utomo Malang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian yang digunakan adalah survei, Sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang dosen laki-laki pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi IKIP Budi Utomo Malang. Teknik untuk memperoleh data yaitu dengan cara menyebar angket responden terhadap dosen pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi yang berjenis kelamin laki-laki dan teknik analisis data menggunakan Norma Analisis Presentasi (%). Hasil analisis data secara keseluruhan terhadap aktivitas olahraga dosen Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi IKIP Budi Utomo Malang dalam melakukan aktivitas pembiasaan olahraga didapatkan hasil 58,142% Sangat baik, 32,142% baik, 9,142% Cukup baik, 0,714% Tidak baik, dan 0% Sangat tidak baik. Berdasarkan hasil tersebet dapat ditarik suatu kesimpulan bahawa dosen pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi IKIP Budi Utomo Malang masih sangat baik dalam melakukan aktivitas pembisaan olahraga.
Kata kunci: Survei, Aktivitas, Olahraga, Dosen,Pendidikan Jasmani
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa)References
Abdulaziz, M. F., Dharmawan, D. B., & Putri, D. T. (2016). Motivasi Mahasiswa Terhadap Aktivitas Olahraga Pada Sore Hari Di Sekitar Area Taman Sutera Universitas Negeri Semarang. Journal Of Physical Education, Health And Sport, 3(2), 113–120.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi Vi. Jakarta: Rineka Cipta.
Cavadini, C., Decarli, B., Grin, J., Narring, F., & Michaud, P. (2000). Food Habits And Sport Activity During Adolescence : Differences Between Athletic And Non-Athletic Teenagers In Switzerland. Europan Journal Of Clinical Nutrition, 54(1), 16–20.
Firmansyah, G., & Hariyanto, D. (2019). The Use Of Qr Code On Educational Domain: A Research And Development On Teaching Material Guntur. Jurnal Sportif : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2).
Junaidi, S. (2011). Pembinaan Fisik Lansia Melalui Aktivitas Olahraga Jalan Kaki. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(1), 17–21.
Khamdani, A. (2010). Olahraga Tradisonal Indonesia. Klaten: Pt. Mancanan Jaya Cemerlang.
Korobeynikov, G., Korobeynikova, L., Iermakov, S., & Nosko, M. (2016). Reaction Of Heart Rate Regulation To Extreme Sport Activity In Elite Athletes. Journal Of Physical Education And Sport, 16(3), 976–981. Https://Doi.Org/10.7752/Jpes.2016.03154
Lukmana, R. C. H., & Maksum, A. (2014). Hubungan Antara Aktivitas Olahraga Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(1), 45–48.
Nawawi, H. H. (2001). Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Prativi, G. O., Soegiyanto, & Sutardji. (2013). Pengaruh Aktivitas Olahraga Terhadap Kebugaran Jasmani. Journal Of Sport Sciences And Fitness, 2(3), 32–36.
Pratiwi, A. M. (2014). Aktivitas Olahraga Dengan Kejadian Sindrom Premenstruasi Pada Anggota Perempuan Ukm Inkai Uns. Journal Ners And Midwifery Indonesia, 2(2), 76–80.
Ristanto, B. A. (2014). Survei Motivasi Masyarakat Beraktivitas Gerak Olahraga Menyongsong Kebijakan Car Free Day. Journal Of Physical Education, Sport, Health And Recreations, 3(6), 1142–1146.
Riyanto, Y. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif Dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.
Rondonuwu, R. G., Rompas, S., Bataha, Y., & Program. (2016). Hubungan Antara Perilaku Olahraga Dengan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Mellitus Di Wilayah Kerja Puskesmas Wolaang Kecamatan Langowan Timur. Ejournal Keperawatan, 4(1), 1–7.
Safitri, R., Rahman, N., & Hasanah. (2015). Hubungan Asupan Kalsium Dan Aktivitas Olahraga Dengan Kejadian Dismenore Pada Siswi Kelas Xi Di Sma Negeri 2 Palu. Healthy Tadulako Journal, 1(1), 58–69.
Suharnoko, F., & Firmansyah, G. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Melompat Melalui Permainan Lompat Cermin Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sportif : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 145–158.
Wijaya, I. M. K. (2015). Aktivitas Fisik (Olahraga) Pada Penderita Asma I. In Proceedings Seminar Nasional Fmipa Undiksha V (Pp. 336–341).
Yuniarto, A., Supriyadi, & Sudjana, I. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Teknik Dasar Dan Peraturan Permainan Futsal. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan. Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan), 2(1), 51–62.
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.5312
Refbacks
- There are currently no refbacks.