Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kecerdasan Emosi Siswa SMK N 2 Somba OPU Kabupaten Gowa
Abstract
The research aimed to discover the influence of cooperativelearning method type STAD (Student Teams Achievement Division) toward emotional intelligencestudent’s of SMK Negeri 2 Somba Opu Kabupaten Gowa. The population of the research were all students at the school. There were 35 students as sample chosen randomly which treated by using cooperative learning method. Questionnaires were employed to collect the data and analyzed by using T-Test with SPSS 20 which were taken after Normality and HomogenityTest. The result showed that, 1) There was a significant effect from the cooperative learning methid toward stuedent’s intelligence, 2)Cooperative learning method was more effective than conventional method in developing student’s quation.Thus it can be infer that cooperative learning gives a positive impact toward student’s development in learning.
Keywords: Cooperative learning, Student Teams Achivement Division, Emotional Intelligence, Conventional teching, Teaching method,
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap kecerdasan emosisiswa SMK Negeri 2 Somba Opu Kabupaten Gowa. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah keseluruhan dari siswa SMK Negeri 2 Somba Opu Kabupaten Gowa dengan sampel berjumlah 35 (1 kelas) orang yang dipilih secara acak,dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe STAD (Student Teams Achievement Division). Sedangkan untuk memperoleh data kecerdasan emosi siswa dilakukan dengan menggunakan angket kuisioner. Data dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan uji T dengan bantuana plikasi SPSS 20 yang sebelumnya melewati uji prasyarat tes normal dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian maka dihasilkan kesimpulan sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap kecerdasan emosi siswa. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kecerdasan emosi siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif KooperatifTipe STAD, Pembelajaran Konvensional, PendidikanJasmani, Kecerdasan Emosi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa)References
Arends, R. .I, &Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning: becoming an accomplished teacher. New York: Routledge.
Fahrurrozi & Ali Mahmudi. (2014). Pengaruh Pbm Dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Gi Terhadap Prestasi Belajar Dan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 1, Mei 2014.
Goleman, Daniel. (2004). Emotional Intellegence. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Gunarsa, Singgih. (2008). Psikologi Olahraga Prestasi. Jakarta : GunungMulia.
Hamdani. (2011). Strategi Pembelajaran.Bandung: Pustaka Setia.
Husdarta, (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani.Bandung : Alfabeta
Isjoni. (2014). Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.
Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Konstektual. Konsep dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama.
Marsh,C. (2010). Becoming a teacher. Australia: an imprint of pearson educational. https://books.google.co.id/books
Metzler, Michael W. (2005). Intrictional Model For Physical Education. Massachusetts: Allyn & Bacon.
Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelaran. AswajaPressindo. Yogyakarta.
Paturusi, Achmad. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta : RinekaCipta.
Ruseffendi. (2005). Dasar-dasarPenelitian Pendidikan &Bidang Non-EksataLainnya. Bandung: Tarsito.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesioalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Jakarta : Alfabeta
Suryabrata, Sumadi. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja GrafindoPersada
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6889
Refbacks
- There are currently no refbacks.