Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing dalam Permainan Sepak Bola melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Siswa SMP Negeri 1 Tanasitolo Kabupaten Wajo

Muhammad Hasbillah, Suparman Suparman

Abstract


This research is a classroom action research conducted in 4 meetings in cycle I and cycle II, and is designed through four stages, namely planning, implementing, observing, reflecting. The data source of this research is the students of class VIII SMP Negeri 1 Tanasitolo, Wajo Regency, totaling 27 people. The collection of data on the ability of passing by using the prefix technique assessment sheet, body position, foot-to-ball contact, and final stance. The results of the quantitative analysis of the results of learning passing data in the game of soccer show that the number of students who completed the first cycle was 16 with a percentage of 59.25% and the number of students who completed the second cycle was 27 with a percentage of 100%. Based on the results of this study, it can be concluded that physical education learning through the TGT (Teams Games Tournament) type cooperative learning model can improve the results of learning passing in soccer games for students of SMP Negeri 1 Tanasitolo, Wajo Regency.

Keywords: Football, passing, learning outcomes, learning model, TGT

Abstrak

Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan pada siklus I dan siklus II, dan dirancang melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tanasitolo Kabupaten Wajo yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data kemampuan passing dengan menggunakan lembar penilaian teknik awalan, posisi badan, perkenaan kaki dengan bola, dan sikap akhir. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar passing dalam permainan sepak bola menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 16 orang dengan persentase 59,25% dan jumlah siswa yang tuntas pada siklus II adalah 27 orang dengan persentase 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan sepak bola siswa SMP Negeri 1 Tanasitolo Kabupaten Wajo.

Kata kunci: Sepak bola, passing, hasil belajar, model pembelajaran, TGT

 


Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Husdarta, HJS. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfa Beta.

Kunandar. 2018. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Depok: Penerbit PT Rajagrafindo Persada.

Luxbacher, JA. 2012. Sepak Bola. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Muhdhor, Zidane. 2013. Menjadi Pemain Sepak Bola Profesional. ____: Kata Pena.

Mulyasa, E. 2010. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novion, Zulvan. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada Materi Menganalisis Teknik Dasar Passing dalam Permainan Sepak Bola. Jurnal Sport Area, 3 (1), 87-93.




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.